Ini Destinasi Wisata di Kabupaten Ketapang yang akan membuat hidup Anda lebih berwarna

273
Pengamatan Burung oleh Aktivis, di lokasi Hutan Kota (Foto : IST - Doc. Yayasan Palung)

Monga.id – Kabupaten Ketapang merupakan salah satu  kabupaten yang terdapat di Propinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini memiliki cakupan wilayah yang sangat luas, secara geografis luas wilayah Kabupaten ini 31.588 km2 atau 21,28% dari wilayah Propinsi Kalimantan Barat. Kalimantan yang terkenal dengan garis Katulistiwanya dan memiliki luasan hutan hujan yang luas  dan mendapat julukan  sebagai paru-paru dunia.

Kekayaan alam yang ada di hutan tropis ataupun yang tersimpan di tanah Borneo ini mengajak kita untuk mengetahui secara luas apa saja yang tersimpan didalamnya baik dari kekayaan alam, sosial, budaya, religi dan yang menjadi sumber pendapatan masyarakat termasuk di Kabupaten Ketapang.

Keindahan alam, wisata religi dan budaya saat ini tidak bisa disangkal menjadi magnet para pengunjung untuk sekedar datang menikmati ataupun memiliki tujuan khusus seperti ziarah terlebih dengan banyaknya event budaya yang tersebar di wilayah Ketapang.

Berikut wisata yang ada di Kabupaten Ketapang antara lain :

  1. Taman Nasional Gunung Palung
Gunung Palung tampak dari kejauhan ( Foto : IST)

Gunung Palung merupakan Kawasan yang telah ditetapkan sebagai Taman Nasional sejak tahun 1990, tepatnya di dua Kabupaten; Ketapang dan Kayong Utara. Gunung Palung atau lebih tepatnya Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) merupakan kawasan hutan tropis dipterocarp terbaik, hampir dipastikan sebagian besar hutan adalah kawasan hutan yang masih primer. Ragam tumbuhan dapat dijumpai apabila mengunjungi wilayah ini beberapa tumbuhan yang dapat dijumpai seperti meranti, jelutung, ulin, rengas, pulai, damar, akar, liana dan tumbuhan obat. Ragam jenis tumbuhan seperti anggrek, terlebih anggrek hitam yang masuk dalam tumbuhan endemik  dan ciri khusus dari hutan sub alpin terdapat ragam tumbuhan-tumbuhan seperti lumut, ganggang, kantong semar dan juga pohon yang tumbuh di sub alpin juga terdapat pohon-pohon yang Kerdil.

  1. Pantai Tanjung Belandang
Rumah-rumah kecil tempat bersantai di Pantai Tanjung Belandang (Foto : IST)

Pantai Tanjung Belandang merupakan salah satu kawasan obyek wisata berupa pantai yang terletak di Sungai Awan, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Utara. Obyek wisata ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Ketapang. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur.

Di pantai ini tidak hanya pemandangannya saja yang banyak dinikmati oleh pengunjung, namun area pantai yang luas menjadikan tempat ini juga digunakan sebagai tempat untuk berkemah. Pada waktu-waktu tertentu juga digelar acara kejuaraan balap motor Grasstrack di pantai ini. Beberapa olahraga pantai juga bisa dinikmati di pantai ini.

  1. Pantai Air Mata Permai
Pantai Air Mata Permai, atau sering disebut Pantai Air Mati (foto: IST – Panoramio)

Lokasi Pantai Air Mata Permai terletak sepuluh kilometer dari Kota Ketapang. Untuk menuju pantai itu dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Objek wisata Pantai Air Mata Permai yang luasnya mencapai 100 hektare tersebut didominasi oleh hutan bakau yang masih lengkap dan merupakan tempat pengamatan bagi satwa burung.

Hutan bakau masih cukup terpelihara dengan baik dan menjadi rumah atau habitat bagi burung pantai sehingga layak untuk dikunjungi.

  1. Hutan Kota Ketapang
Papan nama di gerbang Hutan Kota Teluk Akar Bergantung (foto : IST)

    Teluk Akar Bergantung dikukuhkan sebagai Hutan Kota berdasarkan SK SK Bupati Ketapang merujuk pada perundangan yang lebih tinggi yakni Peraturan Pemerintah RI Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Pemerintah Daerah Otonom, serta Peraturan Pemerintah RI Nomor 63 Tahun 2002 Tentang Hutan Kota.

Penunjukan tersebut mengacu pada rencana kawasan hutan dan perairan Provinsi Kalimantan Barat. Tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 259/Kpts-II/2000, Tentang Kawasan Hutan dan Perairan Provinsi Kalimantan Barat. Hutan ini juga diharapkan menjadi benteng terakhir paru-paru kota, penyaring udara dan penyuplai udara bersih. Tak ketinggalan, pencegah banjir.

Hutan Kota sangat cocok dikunjungi sebagai media belajar bagi siapa saja  (pendidikan lingkungan), tempat ini juga sangat baik untuk melakukan pengamatan flora dan fauna. Mengingat, Jenis pepohonan di Hutan ini antara lain mensira, bungor, ubah, pangal dan melinsum. Beberapa fauna dapat dijumpai di tempat ini antara lain, kelempiau, babi hutan, tupai, monyet ekor panjang, beruk, berang-berang, beragam jenis burung tidak terkecuali  burung Enggang dan primata lainnya masih bisa dijumpai ditempat ini. Sesekali jika beruntung bisa berjumpa dengan orangutan atau bekantan. (Monga / Petrus Kanisius)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini