Ini Masakan Ekstrem Masyarakat Dayak dari Tanah Kayong

665
Ilustrasi masakan pojet dicampur daun muda singkong. Foto dok. borneonews.co.id

Monga.id-Hampir dipastikan di setiap daerah atau wilayah bahkan setiap negara memiliki masakan khas dan dan bebrapa diantaranya sangat ekstrem dan tidak biasa.

Nah, sebagai contoh di wilayah Kalimantan, lebih khusus Kalbar di Ketapang memiliki kuliner khas daerahnya.

Apa sajakah  masakan ekstrem tersebut ?  

Pojet

Pojet merupakan sisa makanan yang masih terdapat dalam lambung hewan. Biasanya pojet dimasak dengan cara di tumis dan diberi bumbu, selanjutnya pojet dimasak dan dicampur dengan pucuk ubi. Setelah dimasak, pojet siap dihidangkan. Bagi yang pernah merasakan masakan ini, mengaku pojet sangat enak.

Pekasam

Pekasam Ikan. Sumber foto dok. menuekstrim.blogspot.co.id

Pekasam bagi masyarakat di Tanah Kayong menyebutnya, Pesasam lebih dikenal dengan makanan yang disimpan (difermentasikan) untuk beberapa waktu atau beberapa hari dengan menggunakan tempoyak, nasi atau  rempang (ampas) tuak selanjutnya dicampur dengan bahan baku ikan atau daging. Setelah dicampur, pekasam dimasukan dalam wadah yang tertutup rapat . Biasanya bahan baku yang bisa dijadi pekasam antara lain seperti ikan sungai; tapah, seluang, toman, baong dan adong. Pekasam juga biasanya menggunakan bahan baku dari daging.

Makan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat dan sambal pedas.

Lamui

Lamui Babi. Foto dok. Pork Bits

Lamui demikian masyarakat Simpang menyebutnya. Lamui adalah makanan yang bahan bakunya dari lemak dari tubuh hewan. Biasanya masyarakat dayak membuat lamui menjelang musim berladang untuk menjamu tamu.  Lamui terbuat dari lemak babi yang diiris selanjutnya direbus. Rebusan dari lemak babi tersebut kemudian dicamur dengan tempoyak dan ditutup rapat dengan menggunakan wadah seperti toples atau tempayan dan dibiarkan untuk beberapa hari hingga bisa beberapa minggu.

Beberapa masakan khas dan eksotis kuliner masyarakat Dayak dari Tanah kayong tersebut setidaknya merupakan salah satu warisan masakan budaya tradisi sejak dulu. (Monga / Pit & Bagas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini