Festival Perahu Hias Sebagai Wisata Budaya dan Pariwisata Pertama Kali Digelar di Ketapang

530

 

Monga.id-Sabtu pagi (9/9/2017) wisata budaya dalam bingkai festival perahu hias digelar seperti tahun ini.

Bertempat di Kraton Matan, Negeri Baru Benua Kayong, Ketapang, kali ini Festival perahu hias sebagai sebagai event pariwisata khususnya wisata budaya di Kab. Ketapang.

Lomba perahu yang diselenggarakan tersebut merupakan kali pertama diadakan di Kab. Ketapang.
“Kegiatan ini merupakan kali pertama diadakan, dengan jumlah peserta 11 perserta yg di ikuti oleh nelayan daerah”, ujar Yulianus, selaku kepala dinas Disbudparpora Kabupaten Ketapang.

Untuk penilaian lomba perahu hias, kriteria penilaian ini salah satunya ialah diwajibkan memakai pakaian adat daerah, memiliki bendera merah putih dikapal, dan ornamen hiasan pada kapal, ujarnya lagi.

Kegiatan ini dimulai dengan titik awal di jembatan Pawan Satu dan finish di Keraton Matan Tanjungpura.

Festival ini diadakan sebagai ajang promosi pariwisata khususnya wisata budaya dan menjadi hiburan serta menjadi daya tarik masyarakat untuk mengetahui kearifan lokal, ujar Murjani selaku ketua panitia kegiatan.

Tamu undangan yang terlibat hadir dalam Festival perahu hias tahun 2017 seperti Kadis Disbudpar beserta jajaran dan masyarakat luas yang terlihat sangat antusias menyaksikan kegiatan tersebut.

Adapun pesan dan kesan dari ketua panitia penyelenggara kegiatan mengatakan, sangat bersyukur atas antusias dan animo masyarakat yang sangat baik. Kadis Disbudparpora berharap , semoga event ini menjadi event tahunan dan menjadi event wisata budaya, air dengan memaksimalkan potensi yang ada yaitu sungai Pawan.

Kegiatan tersebut terlihat mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat dan berlangsung dengan sukses.

(Monga /Bagas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini