PADANG DUA BELAS : DULU DAN SEKARANG

408
Padang 12, beberapa bagian wilayah ini terlihat terbuka sepertinya untuk perluasan area konsesi ataupun juga untuk pemukiman (Foto : Petrus Kanisius Pit)

Monga.id, Ketapang –  Padang 12 merupakan sebuah daerah yang melegenda di Kabupaten Ketapang. Daerah yang tak asing di masyarakat Kabupaten Ketapang ini banyak menuai cerita yang menarik. Padang dua belas merupakan sebuah Kawasan dengan panjang dua belas kilometer dihiasi tumbuhan pinus, Lalang dengan hamparan pasir putih.

Padang dua belas ini berlokasi di Kecamatan Kendawangan dengan jarak tempuh kurang lebih satu setengah jam dari pusat kota.

Menurut cerita masyarakat padang dua belas merupakan Kawasan yang dihuni oleh orang kebenaran / limun. Banyak kisah tentang daerah ini yang membuat masyarakat penasaran, seperti misalnya daerah ini memiliki kota yang megah, cerita kendaraan mewah yang STNK dan BPKB beralamat di padang dua belas hingga ada penemuan-penemuan lainnya.

Misteri yang ada di Kawasan ini menjadi daya Tarik masyarakat untuk mengetahui dan mendatanginya. Masyarakat dari luar kabupaten Ketapang juga datang untuk melihat langsung Kawasan yang melegenda ini. Kota yang megah dengan Gedung yang bertingkat, fasilitas yang lengkap menjadi sebuah misteri bagi masyarakat.

Akan tetapi saat ini tak jauh dari padang dua belas telah dibangun pabrik Alumina yaitu PT. Well Harvest Winning (PT. WHW) dan ternyata pabrik alumina ini merupakan pabrik alumina terbesar di Indonesia dengan pabrik yang membentang luas.

Di kala malam pabrik ini tampak gagah dengan hiasan lampu yang terang dengan teknologi olahan pabrik yang canggih menjadikan misteri padang dua belas semakin dekat di kasat mata.

Kini tampak pembukaan lahan di lokasi yang dikatakan Kawasan angker. Persiapan pembangunan pabrik di Kawasan ini membuat alat berat dikerahkan guna menggusur tumbuhan di sepanjang Kawasan. Akan hadirnya pembangunan di Kawasan ini apakah menjadikan cerita masyarakat selama ini jadi kenyataan ?

Hadirnya Gedung yang megah, sorot lampu yang terang, teknologi canggih yang hadir di perusahaan ini dan ribuan manusia menjadi tenaga kerja. Mungkin akan menjadi sebuah kenyataan, dengan hadirnya dua peruahaan besar di kawasan ini menjadikan kawasan pendukung atau kawasan sekitar tumbuh pesat sehingga Kawasan ini bisa melahirkan kaum dengan strata sosial yang beragam.

Hadirnya mobil mewah sampai cerita masyarakat memberikan upah dengan kunyit mungkin akan menjadi sebuah kenyataan. (MONGA / DWI ZA BAGASTIA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini