Ini 3 Lokasi  Wisata Baru di Ketapang yang Sangat Layak Kamu Kunjungi Karena Tantangan dan Keindahannya

897
Batu Buntangan. Foto dok. Alwi/IST
Batu Buntangan. Foto dok. Alwi/IST

MONGA.ID, KETAPANG-Biasanya lokasi wisata baru menjadi salah satu destinasi yang  wajib dikunjungi oleh para penikmat pesona alam. Kalimantan dengan ragam flora dan faunannya  sudah tak asing dimata dunia.  Julukan paru-paru dunia pun disandang pulau ini karena keindahan hutan tropis yang sangat memanjakan mata dan menakjubkan itu. Sudah barang tentu, dengan kekayaan alam seperti ini kita tidak sedikit menemukan keindah alam seperti air terjun, bebatuan di puncak gunung dan pesona pemandangan yang memesona dan memanjakan mata.

Seperti misalnya di Kabupaten Ketapang, tepatnya di Kecamatan Jelai Hulu, ternyata terdapat pesona alam yang sangat luar biasa dan berdaya saing dengan potensinya yang ada.

Berikut tiga lokasi  wisata yang memiliki daya tarik tersebut;

Air Terjun Karang Dingin. Foto dok. Alwi
Air Terjun Karang Dingin. Foto dok. Alwi

Pertama, Air Terjun Karang Dangin

Air Terjun ini terletak di desa Karang Dangin Kecamatan Jelai Hulu. Jarak tempuh dari Tumbang Titi 2-2,5 jam perjalanan, akan tetapi dikarenakan kendala insfrastruktur maka jika musim penghujan bisa mencapai 4 jam untuk menuju lokasi ini.

Memiliki tinggi kurang lebih 20 meter, air terjun ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung yang tak sabar menghalau sejuknya air terjun yang mengucur dari ketinggian ini memiliki suasana alam yang masih perawan. Saat berada di lokasi air terjun ini kita masih beruntung karena masih bisa mendengar suara hewan seperti burung, kelempiau dan lain sebagainya yang saling bersaut-sautan. Di lokasi air terjun ini, terdapat pula PLTA yang digunakan sebagai penerangan desa.

Kedua, Riam Secanguran

Riam merupakan aliran deras pada sungai. Ada yang berbeda di riam Secanguran ini, riam yang berbatu dan terjal menjadi pesona yang menakjubkan. Lokasi riam ini terdapat di Desa Pangkalan Pakit, yang letaknya di Kecamatan Jelai Hulu.

Riam Secanguran. Foto dok. Alwi
Riam Secanguran. Foto dok. Alwi
Riam Secanguran. Foto dok. Alwi
Riam Secanguran. Foto dok. Alwi

Untuk menjangkau wilayah Riam Secanguran, terlebih dahulu kita harus menuju  Tumbang Titi terlebih dahulu dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Keindahan hutan yang rindang dengan batu-batu besar dan masih berlumut terlihat menyelimuti kawasan ini. Sedangkan untuk menjangkau Riam Secanguran ini, pengunjung harus berjuang dengan cara menerobos jembatan yang memiliki Panjang 70 meter.

Ketiga, Batu Buntangan atau Bukit Buntangan

Batu Buntangan ini terdapat di daerah Benatu, Kecamatan Jelai Hulu. Keunikkan yang dimiliki ialah bongkahan batu besar pada puncak bukit yang gagah berdiri tegak dan pesona pemandangan dipuncak bukit ini bisa dinikmati dengan melihat hamparan bukit dan pesona alam Kalimantan daeri atas.

Batu Buntangan. Foto dok. Alwi
Batu Buntangan. Foto dok. Alwi

Jarak tempuh menuju lokasi ini, jika dari Tumbang Titi bisa ditempuh 2 jam pada musim kemarau akan tetapi jika musim penghujan bisa sampai 3,5 jam. Terdapat sarang walet alami dan tumbuhan bamboo menambah pesona didaerah ini.

Ketiga potensi ini memiliki harapan untuk di jaga dan di kelola oleh pemerintah. “Obyek ini kami sambangi dan kami nikmati keasriannya. Kami berharap agar obyek ini bisa dikelola dengan baik dengan tetap berpedoman dengan kembali kealam”, pungkas Alwi seorang wisatawan yang  beberapa waktu lalu sempat menjelajahi tempat ini. Berharap hadirnya pemerintah sangat diharapkan agar dapat membaca potensi untuk mengelola lokasi ini sebagai sumber kehidupan dari semua makhluk.

(MONGA.ID/Dwi Za Bagastia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini