Menuju Teknologi Informasi Daerah Terupdate, Sistem Manual Masih Digunakan

132
Drs. H. Farhan, mempimpin rapat bersama SOPD terkait tentang pemanfaatan teknologi informasi daerah Kabupaten Ketapang. (Foto : IST/A. Rahman)
Drs. H. Farhan, mempimpin rapat bersama SOPD terkait tentang pemanfaatan teknologi informasi daerah Kabupaten Ketapang. (Foto : IST/A. Rahman)

MONGA.ID, KETAPANG – Drs. H. Farhan SE M.Si, selaku Asisten II Sekda Ketapang mengatakan, Pemanfaatan tekhnologi Informasi dilingkungan institusi Pemerintah Kabupaten Ketapang saat ini sangat penting dan strategis. Rabu (11/04/2018) pagi, di ruang rapatnya.

Lebih lanjut Farhan menerangkan, keberadaan IT sudah mulai dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari, yang dimulai dari urusan administrasi perkantoran sampai dengan pelayanan publik pemerintahan terhadap masyarakat. Kendati demikian, tidak meninggalkan yang sifatnya manual yang juga masih diperlukan.

” Bagaimanapun juga tidak semua Teknologi Informasi yang kita gunakan berjalan mulus, sebab perangkat dan sumberdaya manusianya juga terbatas. Terlebih lagi bila ada gangguan sistem jaringan dan lain-lain.

Jadi yang sifatnya manual masih bisa digunakan sebagai antisipasi “, Kata Farhan ketika memimpin rapat bersama SOPD terkait tentang pemanfaatan Teknologi Informasi daerah Kabupaten Ketapang , pada hari Rabu (28/3/2018) pekan lalu, di Aula Sekda Ketapang.

Dikatakan pula oleh Farhan, di lingkungan Institusi Pemerintah Kabupaten Ketapang pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu alat bantu dalam proses administrasi dan pemerintahan seperti komputer, database (bank data), sistem informasi kependudukan, dan digunakan untuk membantu proses pengerjaan administrasi, surat menyurat dan pengarsipannya.

” Emang jarang ditemui di kota kota besar menggunakan mesin ketik untuk urusan surat menyurat .Mereka sudah menggunakan komputer, tapi di kita ini mesin ketik masih digunakan seperti mengisi blangko dan lain lain, sebab bila komputer rusak atau adanya gangguan jaringan informasi, maka mesin ketik masih dirasakan tepat “, Ujarnya.

Lebih lanjut Drs. H. Farhan S.E., M.Si , menjelaskan kembali terkait dengan adanya IT di institusi pemerintahan biasanya dalam bentuk software yang merupakan salah satu bentuk dari aplikasi IT. Hal tersebut tentunya untuk mendukung administrasi, dan pelayanan publik sehari-hari walaupun di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang masih terbatas software yang dimiliki.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia saat ini juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memamahi komponen teknologi informasi. Seperti perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Termasuklah sistem jaringan, baik berupa kabel dan wireless, serta sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis tekgnologi informasi masih kita tingkatkan, kata lagi.

“Rasakan saja masih banyak pekerjaan yang memerlukan kemapuan di bidang IT diberbagai bidang. Artinya SDM yang menguasai IT dilingkungan Pemkab Ketapang masih sedikit . Mari kita pikirkan bersama penambahannya, terang Farhan”.

Sementara itu menurut Drs. H. Marwannor , Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang, Peran IT di pemerintahan dalam kehidupan kini dan masa mendatang sangat penting dan strategis ,sebab sektor Informasi dan Teknologi merupakan sektor yang paling domninan. terutama bagi Pemkab Ketapang khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika itu sendiri. Bagimanapun penciptaan sistem kerja atau tata kerja dengan sistem E-Govermment sudah menjadi suatu kebutuhan. E-Goverment mengacu kepada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan.

Contohnya, penggunakan internet bisa menghubungkan keperluan penduduk bisnis dan lain-lain juga merupakan proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan nternet. Lebih umum dikenal sebagai world wide web, terang Marwannor lagi.

Intinya E-Govermment adalah pengguna teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain ” jelas mantan Kadis Pendapatan ini.

Pertemuan rapat Peranan Teknologi Informasi dan Pengenalan Industri Perangkat lunak hari itu di hadiri sejumlah kepala SOPD terkait serta sejumlah undangan lainnya

(Kontributor/A. Rahman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini