Cara Kreatif Mengolah Sampah Plastik dan Kertas Menjadi Barang yang Bermanfaat

30
Botol plastik bekas yang diolah dan dikreasikan menjadi barang yang bermanfaat. Foto dok. Petrus Kanisius/MONGA.ID

Tidak hanya menarik dan unik, tetapi sampah-sampah bekas seperti botol dan kertas jika diolah dengan cara kreatif sejatinya dapat dimanfaatkan menjadi barang yang berguna dan indah dipandang mata.

Dari pada botol-botol plastik tersebut dibuang dia-sia, mending diolah atau dikreasikan menjadi barang yang berguna atau pun bermanfaat.

Bagaimana mengolah sampah (menggunakan/memanfaatkannya) kembali?. Ada banyak cara kreatif sesungguhnya yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sampah plastik terlebih botol plastik atau pun kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Seperti yang dilakukan oleh teman-teman relawan  Tajam, Yayasan Palung dan empat siswi magang dari SMKN 1 Sukadana dan SMKN 1 Ketapang yang magang di Yayasan Palung, mereka dapat atau bisa mengelola atau untuk membuat kreasi dari barang bekas/sampah. Misalnya, botol plastik  mereka buat menjadi tempat (pot bunga), dan bubur kertas diolah menjadi kreasi pohon-pohonan dan kreasi lainnya. Selain juga, ada sampul buku yang tak terpakai lagi dibuat untuk dijadikan pembatas buku. Ada pula kardus yang dikreasikan dengan kertas untuk dijadikan bingkai foto.

Hasil dari kreasi yang mereka buat pun terlihat sangat menarik, unik, dan indah dipandang mata. Tentunya juga mereka olah/buat dengan cara-cara kreatif, kere tetapi yang penting aktif. Hehehe… Dengan kata lain, dalam mengelola/mengolah sampah setidaknya tanpa harus mengeluarkan biaya besar (alias gratis).

Yang sudah pasti, dengan mengolah barang-barang bekas tersebut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan; Pertama, sampah-sampah yang ada disekitar kita tidak terbuang sia-sia alias dapat dimanfaatkan. Selanjutnya,  sampah-sampah botol plastik atau pun kertas bisa diolah dengan cara-cara kreatif dan sederhana menjadi bermanfaat.

Selain itu juga, memanfaatkan barang bekas seperti botol, kertas dan sampul buku yang tidak terpakai dapat diolah dengan cara-cara kreatif yang bisa dimanfaatkan sebagai hiasan di rumah, di kantor atau pun juga di sekolah.

Kreasi dengan cara-cara sederhana itu pun sejatinya apabila dipadu dengan cara kreatif lainnya seperti dihias dengan pewarnaan/diwarna sudah pasti sangat menarik lagi dan semakin indah dipandang mata dan layak untuk dijadikan hiasan yang mungkin bisa sangat bernilai ekonomi.

Mengolah sampah atau memanfaatkan sampah dengan cara-cara sederhana dan dengan cara kreatif, menjadi langkah kecil dari kita semua untuk merawat bumi.

Mengingat, persoalan sampah selalu menjadi momok yang menakutkan akibat dampaknya. Nah, jika ada cara sederhana seperti ini, setidaknya bisa menjadi cara baru atau dapat dicoba/dicontoh oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Sayang kiranya apabila sampah-sampah itu terbuang sia-sia dan dapat menimbulkan persoalan dilingkungan kita. seperti kita ketahui, persoalan sampah tak kunjung usai karena tak sedikit oknum dari kita tanpa terkecuali enggan untuk peduli atau pun secara sengaja tidak mau berkreasi dengan cara-cara sederhana dalam hal mengolah/memanfaatkan sampah yang ada disekitar kita.

Persoalan sampah yang ada disekitar kita pun bukan main banyaknya, dengan cara sederhana seperti ini setidaknya pula menjadi pembelajaran sekaligus juga sebagai sarana bagi kita semua untuk berbagi cara.

Memanfaatkan botol bekas dijadikan barang yang bermanfaat. Foto dok : Petrus Kanisius/MONGA.ID

Tidak ada yang tidak mungkin, cara-cara sederhana seperti ini mampu memberi arti tentang bagaimana langkah yang boleh dilakukan/dipraktekan oleh siapa saja dalam hal mengurangi jumlah sampah yang ada sembari lagi sebagai langkah kecil untuk merawat bumi dan keindahan dilingkungan sekitar kita.

Berharap teman-teman lainnya (kita semua) juga dapat memanfaatkan sampah-sampah yang ada unuk dijadi/menjadinya barang yang berguna (bermanfaat), selain juga sebagai langkah untuk mengurangi sampah di sekitar agar tak lagi menjadi barang yang terbuang sia-sia yang menjadi momok menakutkan dan sumber bencana. Semoga sampah-sampah yang ada bisa dan boleh untuk kita oleh dengan cara-cara sederhana.

(MONGA.ID/Petrus Kanisius)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini