Humor Politik : Cerita Ntrak Ntruk Pusing Mau Nyaleg

93
Ntrak Ntruk Mau Nyaleg. Foto dok : Kaskus

Beberapa orang dalam bulan-bulan ini sungguh sangat sibuk lebih khusus mereka yang Caleg (Calon Legislatif), tidak terkecuali Si Ntrak Nruk yang mencoba peruntungan untuk mendaftar diri mencalonkan diri (nyaleg) sebagai calon wakil rakyat. Berikut ini kisah singkat Ntrak Nruk yang pusing mau nyaleg.

Ntrak Ntruk adalah salah seorang waga negara Indonesia keturunan Thai. Dari kecil hingga Ntrak Ntruk Dewasa ia lahir dan dibesarkan di Indonesia. Sebagai warga negara, Ntrak Ntruk pun memiliki hak yang sama seperti warga Negara Indonesia lainnya dalam urusan untuk memilih dan dipilih.

Umur Ntrak Ntruk saat ini adalah 35 tahun, artinya Ntrak Ntruk sudah memenuhi kriteria sebagai calon wakil rakyat secara umur. Tetapi ada satu persoalan, terkait bahasa. Ternyata, Ntrak Ntruk tidak begitu paham dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Itulah ternyata yang menjadi salah satu persoalan (persoalan utama) yang dihadapi oleh Ntrak Ntruk hanya menguasai bahasa Thai dan tidak bisa berbahasa Indonesia.

Ntrak Ntruk pun berujar dalam bahasa Thai :
ฉันต้องการเป็นตัวแทนของผู้แทนประชาชน แต่ฉันไม่ทราบว่าจะทำอย่างไรเนื่องจากปัญหาของฉันไม่สามารถใช้ภาษาอินโดนีเซียได้ นี่เป็นอย่างไร?. T̄ĥā pæl khwām h̄māy nī̂ māk h̄rụ̄x n̂xy c̄hạn t̂xngkār pĕn tạwthæn k̄hxng p̄hū̂ thæn prachāchn tæ̀ c̄hạn mị̀ thrāb ẁā ca thả xỳāngrị neụ̄̀xngcāk pạỵh̄ā k̄hxng c̄hạn mị̀ s̄āmārt̄h chı̂ p̣hās̄ʹā xindonīseīy dị̂ nī̀ pĕn xỳāngrị?

Apabila diartikan kurang lebih ini artinya; aku mau jadi calon wakil rakyat tetapi aku tidak tahu harus bagaimana karena persoalanku aku tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia. bagaimana ini?.

Selanjutnya Ntrak Ntruk berkata dan bertanya kepada dirinya lagi,
เป็นไปได้ไหมที่ฉันเป็นตัวแทนของประชาชน?

Pĕn pị dị̂ h̄ịm thī̀ c̄hạn pĕn tạwthæn k̄hxng prachāchn?. Dalam bahasa Indoesia kurang lebih ini artinya : Apa mungkin aku bisa menjadi wakil rakyat?.

Ternyata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun menanyakan hal yang sama termasuk syarat-syarat lainnya kepada Ntrak Ntruk.

Setelah demikian adanya, Ntrak Ntruk pun terus berpikir lagi (menimbang-nimbang).

“มันเปิดออกที่เงื่อนไขสำหรับการสอบเทียบหรือกลายเป็นผู้สมัครกฎหมายไม่ใช่เรื่องง่าย””Mạn peid xxk thī̀ ngeụ̄̀xnk̄hị s̄ảh̄rạb kār s̄xb theīyb h̄rụ̄x klāy pĕn p̄hū̂ s̄mạkhr kḍh̄māy mị̀chı̀ reụ̄̀xng ng̀āy” (“ternyata syarat untuk nyaleg atau menjadi Caleg itu tidak mudah”), gumam Ntrak Ntruk.  “หนึ่งในนั้นเป็นชาวอินโดนีเซียนั่นเป็นปัญหา ฉันจะสามารถพูดคุยกับชุมชนได้อย่างไรถ้าฉันไม่สามารถใช้ภาษาอินโดนีเซียได้? “”H̄nụ̀ng nı nận pĕn chāw xindonīseīy nạ̀n pĕn pạỵh̄ā c̄hạn ca s̄āmārt̄h phūd khuy kạb chumchn dị̂ xỳāngrị t̄ĥā c̄hạn mị̀ s̄āmārt̄h chı̂ p̣hās̄ʹā xindonīseīy dị̂? ” (“Salah satunya adalah bahasa Indonesia, itu yang menjadi persoalan. Bagaimana nanti aku bisa berdialog dengan masyarakat seandainya aku tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia?”),  kata Ntrak Ntruk lagi.  ใช่ไม่เป็นไรฉันตัดสินใจที่จะไม่ได้รับการเสนอชื่อให้เป็นตัวแทนของประชาชนChı̀ mị̀ pĕnrị c̄hạn tạds̄incı thī̀ ca mị̀ dị̂ rạb kār s̄enx chụ̄̀x h̄ı̂ pĕn tạwthæn k̄hxng prachāchn (Ya Sudahlah, aku memutuskan untuk tidak jadi mencalonkan menjadi wakil rakyat), ujar Ntrak Ntruk.

Akhirnya, Ntrak Ntruk memutuskan untuk tidak melanjutkan keinginan menjadi wakil rakyat. Nrak Ntruk pun berharap agar bisa menguasai bahasa Indonesia, termasuk membuka diri dengan bergaul dengan siapa saja dan ia bermimpi dapat mencalonkan diri menjadi wakil rakyat suatu saat nanti dengan satu syarat bisa berbahasa Indonesia.

Selidik punya selidik, alasan utama Ntrak Ntruk tidak bisa berbahasa Indonesia adalah karena ia jarang mau bergaul dengan masyarakat. Ntrak Ntruk hanya bergaul dilingkup keluarganya saja. Tetapi cukup aneh ya, mengapa Ntrak Ntruk mau Nyaleg, aneh juga. Hahahaha….

Akhirnya Ntrak Ntruk pun memutuskan tidak jadi mendaftar (nyaleg), Ntrak Ntruk ternyata berharap agar para Calon Legislatif bisa menjadi penyambung lidah rakyat (menjadi wakil rakyat yang merakyat dan jujur ), selain itu juga Ntrak Ntruk berpesan kepada pemilih agar tidak asal pilih.

MONGA.ID/Petrus Kanisius

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini