Tips Membuat Kreasi Donat Ungu dari Ubi

1000
Donat Ungu kreasi bahan dasar ubi. Foto IST/Cyc/MONGA.ID

Haiii pecinta donat..

Sudah banyak variasi cita rasa donat yang dijual. Mulai dari donat jadul, donat kentang, donat labu, donat ubi ungu, dan lain-lain. Berbagai resep olahan donat sudah banyak beredar. Saat pandemi seperti ini membuat kita terpaksa harus tetap di rumah. Pasti merasa bosan, mau jajan takut, mau buat sendiri takut bantet. Saya akan share tips dan trik pengolahan ubi ungu. Sudah beberapa resep dan tips saya coba dalam mengolah ubi ungu menjadi olahan donat.

Disimak ya..

Pertama cuci ubi ungu hingga bersih (tidak ada tanah, saya gosok pakai sabut), kemudian kukus atau direbus hingga benar-benar masak, tiriskan dan haluskan dengan blender. Siapkan gula 50gr, air hangat kuku 150ml dan ragi (fermipan) 1sdm, campur jadi satu diamkan selama 3 menit. Jika berbusa bearti ragi yang akan kita gunakan sudah hidup dan bisa maksimal dalam proses pengembangan adonan nanti. Selanjutnya campurkan ubi ungu yg telah dihaluskan sebanyak 200gr , tepung (bogasari) 400gr, 2sdm susu dancow, uleni hingga tercampur rata dan setengah kalis. Setelah setengah kalis masukkan margarin sebanyak 50gr, uleni hingga kalis. Takaran kalis jika adonan tidak lagi lengket di tangan dan ketika ditarik elastis tidak robek. Tips menguleni adalah sabar, jangan menambahkan tepung terlalu banyak.

Selanjutnya saya langsung membagi adonan dan dibentuk donat. Timbang sesuai keinginan, dan bentuk donat, letakan di loyang yang telah diberi taburan tepung, tutup dengan kain dan diamkan 30-45 menit (tergantung cuaca ya, kalo panas akan lebih cepat mengembang). Periksa adonan dengan mengangkat salah satu adonan, bila adonan dirasa ringan bearti adonan siap digoreng.

Siapkan penggorengan dan minyak dalam jumlah banyak, panaskan dengan api sedang cenderung kecil.

Masukkan adonan donat saat minyak benar-benar panas.

Tips menggoreng jangan terlalu sering membolak balik donat, sebaiknya 1kali saja membalik ketika sudah berwarna kuning kecoklatan agar tidak banyak menyerap minyak.

Nah, sangat mudah bukan? Resep ini akan menghasilkan 20-25 donat dengan masing-masing donat sebelum digoreng ditimbang 40gr.

Donat sehat dengan berbagai khasiat ubi ungu, tidak terlalu manis (karena resep ini sering saya buat untuk orang tua saya yang harus dikontrol gulanya), jika mau manis bisa dikasi topping ceres atau gula halus.

Pembuatan higienis, dijamin kebersihannya, tanpa pewarna, dan tingkat kemanisan yang pas.

Penasaran dengan rasanya? Bisa kok icip “Donat Ungu” kita, cek story instagram, di :

https://www.instagram.com/ycarlen/

atau wa: 085252230221.

(Cyc /MONGA.ID)

Pesanan dibuat sesuai order sistem PO ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini