Hari Jadi KKU ke-17, YP dan F&F Saving Nature Together Ikut Berpartisipasi Pameran Pembangunan

158

MONGA.ID-KAYONG UTARA, Dalam rangka Hari jadi Kabupaten Kayong Utara (KKU) ke-17 Yayasan Palung (YP) dan F&F Saving Nature Together Ikut Berpartisipasi Pameran Pembangunan.

Kegiatan yang dilakukan selama lima hari empat malam tersebut digelar di Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara (KKU) pada Kamis hingga Senin (27/6/2024 – 1/7/2024).

Beberapa hari sebelum pameran pembangunan dimulai, YP bersama dengan semua staf di Kayong Utara dan bebeapa staf dari Ketapang ikut ambil bagian untuk bergotong royong membuat stand pameran.

Kegiatan Hari jadi KKU ke-17 terselenggara dengan sangat meriah karena partisipasi (keikutsertaan) semua kalangan dinas terkait, beserta lembaga swasta lainnya yang ikut menyemarakkan Hari jadi KKU, tidak terkecuali Yayasan Palung ikut ambil bagian dalam serangkaian kegiatan tersebut.

Kegiatan yang digelar tersebut dimeriahkan oleh beberapa artis lokal yang sengaja didatangkan. Kegiatan lainnya juga dilakukan dibeberapa tempat yang masih berada di kecamatan Sukadana, KKU.

Dalam serangkaian kegiatan pameran pembangunan hari jadi KKU tersebut, YP disuport oleh F&F Saving Nature Together untuk kebutuhan keperluan dari persiapan awal dekorasi stan hingga sampai kegiatan pameran selesai.

Dalam pameran tersebut, YP juga melibatkan kelompok dampingan dari Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) dan Hutan Desa Yayasan Palung untuk membantu menjaga produk dari kelompok dampingan itu sendiri. Untuk penjagaan stand, YP juga menggunakan jadwal jaga stand yang dibagi menjadi dua shift jaga, yaitu shift jaga dari pagi pukul 08.00 WIB sampai sore pukul 16.00 WIB, dan shift kedua yaitu dari sore pukul 16.00 WIB hingga malam pukul 22.00 WIB.

Saat pameran, jumlah orang yang menjaga stand terdiri dari empat orang, yaitu dua staf Yayasan Palung dan dua anggota kelompok dampingan. Terkadang juga ada staf yang tidak ada kegiatan di lapangan datang dan membantu melayani pengunjung atau pembeli yang mampir ke stan Yayasan Palung.

Adapun jumlah pengunjung yang tercatat didalam buku tamu selama pameran adalah 278 orang, dengan total jumlah penghasilan yang didapat selama kegiatan pameran tersebut yaitu sebesar Rp 5.065.000. Beberapa produk yang berhasil dijual dalam pameran tersebut adalah; Panganan lokal, Produk kerajinan, sayuran dan cabe.

Selama pameran digelar, YP menyiapkan kuis. Pada kesempatan itu, ada 11 orang pemenang yang mendapatkan doorprize dari 54 orang yang mengikuti kuis di stan Yayasan Palung. dimana ada 15 pertanyaan yang terdiri dari 10 pertanyaan dengan pilihan ganda dan 5 soal esai. Hadiah pemenang sendiri disiapkan oleh tim Pendidikan Lingkungan (PL) Yayasan Palung.

Penulis : Salmah, Staf Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini