BRG Adakan Sekolah Lapang Bagi Petani Gambut untuk Kelola Lahan Tanpa Bakar 

140
Saat Peserta mengikuti sekolah lapang petani gambut. Petani diajari untuk mengolah lahan tanpa bakar. Foto dok : Istimewa/YP/MONGA.ID

MONGA.ID-KAYONG UTARA, Pada tanggal 15-18 September 2020 kemarin, Badan Restorasi Gambut (BRG)  mengadakan kegiatan sekolah lapang petani gambut, pelatihan lahan tanpa bakar dan pembuatan pupuk organik yang dilaksanakan di Desa Pulau Kumbang.

Pada kesempatan tersebut, 5 orang peserta dari Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) binaan Yayasan Palung (YP) seperti dari : Desa Penjalaan, Padu Banjar,Pemangkat, Pulau Kumbang dan Nipah Kumbang mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu juga ikut serta 2 orang staf dari Yayasan Palung dalam kegiatan tersebut.

Sedangkan BRG dalam kegiatan tersebut menyertakan perwakilan dari 12 desa dampingannya yang ada di wilayah Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan  sekolah lapangan, pelatihan lahan tanpa bakar dan pembuatan pupuk organik tersebut, para peserta diajak untuk belajar tentang bagaimana cara mengelola lahan tanpa bakar di lahan gambut dan bagaimana cara membuat pupuk organik.


Saat peserta sekolah lapang belajar membuat pupuk organik. Foto : Istimewa/YP/MONGA.ID

Terima kasih kepada Badan Restorasi Gambut (BRG) yang telah bersedia menerima peserta dari Yayasan Palung  dalam pelatihan tersebut. Mengingat, momen ini penting dan sangat bermanfaat maka Yayasan Palung mengutus 5 orang perwakilan dari LPHD dan 2 orang staf dari Yayasan Palung, kata Desi Kurniawati, selaku Koordinator Hutan Desa untuk Yayasan Palung.

MONGA.ID/Petrus Kanisius

MONGA.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini