Dibutuhkan Segera-For Immediate Hire

2163

MONGA.ID-KETAPANG, Yayasan Palung adalah lembaga organisasi non profit yang berada di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat dengan fokus kerja untuk melindungi populasi orangutan dan keanekaragaman hayati di dalam dan sekitar Taman Nasional Gunung Palung dengan visi untuk mengembangkan komunitas masyarakat melalui kesadaran dan motivasi untuk konservasi orangutan dan habitatnya serta keanekaragaman hayati di Taman Nasional Gunung Palung. Yayasan Palung bekerjasama dengan pihak terkait untuk konservasi orangutan termasuk pemerintah, private sector, dan masyarakat lokal. Yayasan Palung memiliki 5 strategi untuk mengatasi ancaman kelangsungan hidup orangutan di sekitar Taman Nasional Gunung Palung yaitu Sustainable Livelihood, Pendidikan Lingkungan dan Kampanye Kesadaran Konservasi, Hukum Konservasi (Hutan Desa), Perlindungan dan Penyelamatan Satwa, dan Pusat Penelitian yang berada di Stasiun Penelitian Cabang Panti.-Yayasan Palung is a non-profit organization in the Ketapang and Kayong Utara Regencies of West Kalimantan with the mission to conserve orangutan populations and biodiversity in and around Gunung Palung National Park with a vision to develop a human community that is motivated to protect orangutans and their conservation. Yayasan Palung collaborates with relevant stakeholders for orangutan conservation including the government, private sector and local communities. Yayasan Palung has 5 strategies to overcome the threat of orangutan in and around Gunung Palung National Park consisting of Sustainable Livelihoods, Environmental Education and Conservation Awareness Campaign, Conservation Law (Customary Forest), Animal Protection, and Scientific Research, located at Cabang Panti Research Station.

Yayasan Palung sedang mencari staf yang bermotivasi tinggi, berkualitas dan berpengalaman untuk mengisi posisi yang kosong sebagai Manajer Pendidikan Lingkungan dan Kampanye Kesadaran Konservasi. Staf yang akan dipilih akan berbasis di kantor Yayasan Palung di Kota Ketapang, Kabupaten Ketapang dengan tugas di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara. – Yayasan Palung is looking for a highly motivated, qualified and experienced person to fill the vacant position as Environmental Education and Conservation Awareness Campaign Manager. The position is based in Yayasan Palung’s office in Ketapang, with assignments in Ketapang Regency and Kayong Utara Regency.

Tujuan secara umum Program Pendidikan Lingkungan dan Kampanye Kesadaran Konservasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kesadaran masyarakat terhadap kelestarian kehidupan liar, hutan dan lingkungan secara umum dengan orangutan sebagai ikon program untuk keberlangsungan kehidupan yang lebih baik. – The general purpose of the Environmental Education Program and Conservation Awareness Campaign is to increase knowledge and skills as well as public awareness of the preservation of wildlife, forests and the environment in general with orangutans as program icons for a better life sustainability.

Persyaratan Umum – Generally requirements

1.            Wanita / Pria. – female / male

2.            Latar belakang pendidikan S1 diutamakan dari biologi, kehutanan, ilmu komunikasi dengan minimum 8 tahun pengalaman kerja secara umum, dan 5 tahun di konservasi dan lingkungan hidup, lebih disukai relevan dengan bidang pendidikan lingkungan dan peningkatan kesadaran konservasi / lingkungan masyarakat. – University degree in relevant areas (Biology, Forestry, Communication and equivalent) With a minimum of 8 years work experience, including 5 years in conservation and environmental issues, preferably relevant with education and conservation awareness for students and communities.

3.            Memiliki keahlian di berbagai aplikasi MS Office, dan lebih disukai jika mempunyai keahlian aplikasi design berbasis aplikasi computer. – Proficient computer skills in various MS Office applications (excel, word, powerpoint), preferably also has design application skill such as corel draw, etc.

4.            Memiliki pengetahuan konservasi keanekaragaman hayati dan lebih disukai konservasi orangutan. – Knowledable of biodiversity conservation and preferably orangutan conservation.

5.            Bisa menulis dengan kualitas baik (laporan, artikel, kerangka acuan kerja, dll), dan membuat anggaran. – Able to write of high standard (report, article, term of reference, etc), creating and maintaining budgets.

6.            Motivasi diri tinggi dan mampu bekerja secara mandiri maupun tim. – High Self-motivated and able to work independently and with a team.

7.            Mampu bekerja dibawah tekanan dan tenggat waktu yang tepat. – Able to work under pressure and with tight deadlines.

8.            Bisa berkomunikasi dan menulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. – Ability to communicate and write in Bahasa Indonesia and English.

9.            Keterampilan interpersonal yang kuat dan kemampuan memecahkan masalah. – Strong interpersonal skills and problem solving abilities.

10.          Mempunyai kemampuan mengelola staf dan sumber daya manusia organisasi. – Capable to manage staffs and human resource.

11.          Mempunyai kemampuan komunikasi dan bicara di depan umum yang baik. – Capable communicate and public speaking.

12.          Sudah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sehari-hari. – Applied eco friendly lifestyle in daily life.

13.          Bersedia bekerja di hari libur dan pekerjaan lapangan (desa-desa di perhuluan dan hutan). – Be able to work in holiday and field work in rural areas and forests.

14.          Bisa membangun kerjasama dan melakukan pertemuan dengan pemerintah, private sector, NGO lain, dan masyarakat lokal. – Able to collaborate and carry out meetings with government, private sector, other NGO’s, and local communities.

Tanggung Jawab – Responsibilities

Manajer Pendidikan Lingkungan dan Kampanye Kesadaran Konservasi bertanggung jawab mengelola tim untuk membuat perencanaan dan melaksanakan program jangka pendek dan jangka panjang dengan supervisi dari Direktur Program. Memantau, mengevaluasi, mengelola data sesuai kebutuhan Yayasan Palung. Mendampingi penerima manfaat program. – Manager of Environmental Education and Conservation Awareness Campaign is responsible for managing the team for planning and implementing short- and long-term programs under the supervision of the Program Director. For monitoring, evaluating, and managing data according to the needs of Yayasan Palung. For holding and assisting program beneficiaries.

Mengkoordinasikan secara internal dan eksternal dengan Program Director dan Koordinator Pendidikan Lingkungan di Kabupaten Kayong Utara agar bisa sinergi dan berjalan lancar. – Coordinate and communicate with the Program Director and Coordinator of Environmental Education in Kayong Utara Regency in order to coordinate schedules and joint activities.

Melaporkan perkembangan terbaru kepada Direktur Program, membuat laporan bulanan program yaitu naratif dan keuangan. – Report the latest developments to the Program Director, make monthly reports of program about targets and finances.

Kirimkan aplikasi Anda beserta resume dan dokumen pendukung lainnya yang relevan ke: -Please send your application, along with a full resume and other relevant supporting documents to:

edirahman@gmail.com, mayi.eugenia@gmail.com subject: EE Manager

Batas waktu pengiriman 25 Oktober 2020. Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk wawancara. – Deadline for submission by October 25, 2020.  Only short listed candidates will be contacted for an interview.

MONGA.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini