Berikut Ini Jenis Tumbuhan dan Buah yang Biasa Dimakan oleh Orangutan

191
Orangutan Kalimantan sedang memakan buah hutan (Artocarpus Sp.) di Taman Nasional Gunung Palung. (Foto : ISTIMEWA/ Tim Laman).

MONGA.ID-KETAPANG, Orangutan merupakan pemakan tumbuh-tumbuhan (vegetarian) dan pemakan buah-buahan hutan (frugivora). 

Berdasarkan hasil penelitian di Stasiun Riset Cabang Panti, Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA), orangutan mengkonsumsi lebih dari 300 jenis tumbuhan yang terdiri dari 60% buah-buahan, 20% bunga, 10% daun muda dan kulit kayu serta 10% serangga (seperti rayap). Tumbuhan dominan yang buahnya dikonsumsi oleh orangutan adalah dari family Sapindaceae (rambutan, kedondong, matoa dan langsat), Lauraceae (alpukat, dan medang), Fagaceae (petai dan kacang kedelai atau termasuk jenis kacang-kacangan), Myrtaceae (jenis jambu-jambuan), Moraceae (ficus/kayu ara) dan lain-lainnya. Kesemua buah-buahan hutan itulah yang paling digemari oleh orangutan dan satwa lainnya.

Staf Botanis dan Koordinator Survei Yayasan Palung, Andre Ronaldo mengatakan, ada 9 jenis tumbuhan yang biasa dimakan oleh orangutan.

“Adapun 9 jenis tumbuhan yang menjadi makanan/pakan orangutan, diantaranya adalah Kubing (Artocarpus fulvicortex), Kayu Malam (Diospyros diepenhorstii), Punak (Tetramerista glabra), Ampas Tebu (Gironniera nervosa), Sengkuang (Dracontomelon dao), Keruing (Dipterocarpus sublamellatus), Jantak (Willugbheia angustifolia), Tampui (Baccaurea edulis), dan Teratung (Durio oxleyanus)”, kata Andre.

Klik untuk melihat foto 9 jenis tumbuhan yang menjadi pakan (makanan) orangutan https://www.instagram.com/p/B8I2WXoANmM

Kelimpahan dan ketersediaan pohon pakan orangutan di hutan menjadi penanda lingkungan di sekitar masih baik sebagai pendukung keberlanjutan nafas hidup orangutan dan hutan. Seperti diketahui, orangutan merupakan petani hutan yang berperan sebagai penyebar biji. Berpuluh-puluh kilometer si petani ini menyebar biji-bijian/buah-buah hutan (sebagai petani hutan) dilakukan setiap hari.

Sebagai informasi, orangutan merupakan satwa yang sangat dilindungi karena keberadaannya saat ini dari tahun ke tahun jumlahnya semakin menurun akibat pembukaan lahan dan hutan berskala besar.

Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) atau Bornean Orangutan masuk dalam daftar merah IUCN (International Union for Conservation of Nature) dengan status sangat terancam punah (critically endangered).

Berharap semoga tumbuhan dan buah-buah hutan tetap ada di hutan. Karena, semakin melimpah buah dan tumbuhan di hutan maka akan semakin membantu orangutan untuk terus berkembang biak di alam liar dan bisa selalu menjadi petani hutan hingga selamanya.

MONGA.ID/Pit

MONGA.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini