Mgr Pius : Mari Perkokoh Iman dan Solidaritas

409
Umat menghormati salib pada Ibadat Jumat Agung (2/4) kemarin. Foto : IST/ALKAP/MONGA.ID

MONGA.ID-KETAPANG, Saat ini umat Katolik seluruh dunia, termasuk di Keuskupan Ketapang, sedang merayakan Paskah.  Laporan dari lapangan, Misa Minggu Palma, Kamis Putih dan Ibadat Jumat Agung berlangsung hikmat. Umat antusias hadir, dengan kehadiran umat diatur dalam giliran dan mengikuti protokol kesehatan. Umat masih akan merayakan Malam Paskah dan Minggu Paskah (4 April 2021).

Uskup Ketapang, Mgr Pius Riana Prapdi  dalam pesannya kepada umat Katolik Keuskupan Ketapang mengajak agar umat memperkokoh iman dan solidaritas. “Paskah tahun 2021 adalah momentum untuk memperkokoh iman dan merajut solidaritas demi persaudaraan sejati. Bahwa Yesus yang bangkit dari mati melewati makam meyakinkan kita bahwa Ia selalu bersama kita melewati pandemi covid-19”, ucap Uskup yang juga ketua Komisi Kepemudaan KWI tersebut.

Tahun 2021 ini, Uskup Ketapang Mgr Pius Riana Prapdi merayakan Pekan Suci Paskah bersama umat Katolik di Paroki St. Emanuel Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Dalam pesannya, Uskup Pius melihat titik harapan akan habitus (kebiasaan)  baru selepas pandemi semakin terang. Yesus yang taat total atas kehendak Allah dan mengampuni para algojo membuka mata hati untuk memandang sesama sebagai saudara yang pantas dicintai dan didukung untuk hidup dalam damai.

Uskup mengajak agar umat Katolik membangun dan mengembangan solidaritas dan persauadaraan dengan semua. “ Peristiwa yang terkait dengan teroris menyadarkan kita bahwa merajut persaudaraan sejati harus menjadi gerakan bersama tanpa pandang bulu. Persaudaraan adalah gerakan keluar yang memusatkan perhatian kita pada sesama dan menganggap mereka satu dengan diri kita”, ajaknya.

Umat menghormati salib pada Ibadat Jumat Agung (2/4) kemarin. (Foto : IST/ALKAP/MONGA.ID)

Di Katedral Santa Gemma Galgani Ketapang, yang telah merayakan Misa Kamis Putih dan Ibadat Jumat Agung, diikuti dengan antusias umat yang sangat besar. Pihak keamanan, petugas kesehtan dan beberapa Ormas turut mengamankan proses berlangsungnya misa. Pastor Damianus Sepo CP, dari Paroki Katedral St Gemma Galgani mengucapkan terima kasih atas peran petugas keamanan yang telah mengamankan jalannya misa. (*).

Laporan : Frank Pasty- Ketua 1 DPP Paroki St. Gemma Galgani Ketapang

MONGA.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini