Pemandangan Menarik di Hutan Desa Padu Banjar

61
Hutan dan Sungai Cabang Tiga di wilayah Hutan Desa Padu Banjar. Foto Capture dari video HD Padu Banjar. Foto : Istimewa/YP, MONGA.ID

KAYONG UTARA-MONGA.ID Ya, view (pemandangan) menarik terkadang bisa menjadi pilihan sebagai obat penawar dan bisa menjadi penenang (menenangkan) jiwa karena keindahannya.

Seperti misalnya, Hutan Desa binaan Yayasan Palung itu berada di Hutan Desa (HD) Padu Banjar di wilayah Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pun menawarkan keindahan yang memanjakan mata.

Pemandangan menarik itu tentu saja karena keindahan hutannya yang masih terlihat rimbun nan hijau dan sungai-sungai yang berada di sekitarnya.

Menariknya lagi, menurut cerita masyarakat setempat, di bagian timur wilayah HD ini ada tiga (3) sungai yang masyarakat setempat menyebutnya Sungai Cabang Tiga yang saling terhubung.

Adapun nama-nama dari Sungai Cabang Tiga itu  antara lain adalah :

Pertama, Sungai Nasir sungai lurus. Disebut Sungai Nasir karena orang pertama yang menemukan sungai itu bernama Nasir.

Kedua, Sungai Meranti  sungai sebelah kiri. Disebut Sungai meranti karena dulunya di wilayah itu banyak pohon meranti.

Ketiga, Sungai Purang Sungai sebelah kanan. Disebut purang di wilayah itu diperkirakan banyak kayu purang.

Di ujung Timur Hutan Desa Padu Banjar juga terdapat Sungai Rawa Gambut yang menjadi habitat (rumah) yang nyaman bagi ikan, buaya muara dan beberapa burung air. 

Seperti diketahui, luas Hutan Desa Padu Banjar kurang lebih 2.883 Ha.

(Petrus Kanisius/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini