YP Ajak LPHD Binaan Belajar Smart Patrol Menggunakan Aplikasi Smart Mobile

87
Belajar mengambil data menggunakan aplikasi smart mobile. Foto : Istimewa
Belajar mengambil data menggunakan aplikasi smart mobile. (Foto : Istimewa/YP).

MONGA.ID-Kayong Utara, Beberapa orang dari pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) terlihat begitu antusias ketika mereka belajar mengambil data menggunakan aplikasi smart mobile, kegiatan itu  dilaksanakan oleh Yayasan Palung (YP) pada Sabtu-Senin (14-16 Mei 2022), pekan lalu.

Pada kegiatan tersebut, ada 2 LPHD yang mengikuti pelatihan atau belajar smart patrol tersebut adalah LPHD Hutan Bersama (Desa Nipah Kuning) dan LPHD Simpang Keramat (Desa Penjalaan) di Kecamatan Simpang Hilir, Kayong Utara.

Pada hari pertama, Sabtu (14/5/2022) kegiatan dilaksanakan bagi LPHD Hutan Bersama. Dalam kegiatan itu sebagai peserta adalah Juhari, Junaidi dan Sarkawi.

Sedangkan Hari kedua dan ketiga, Minggu-Senin (15-16/5/2022) kegiatan dilanjutkan di LPHD Simpang Keramat. Sebagai peserta antara lain; Anwar, Abdulah, Ario dan Akram.

Sebagai pemateri, Hendri Gunawan dan Robi Kasianus dari Yayasan Palung menyampaikan materi tentang Pengenalan aplikasi smart patrol hingga praktek patroli.  

Terlihat, Robi dan Hendri dari YP selaku pelatih sangat asyik sekaligus bersemangat memberikan materi dan praktek dalam belajar smart patrol itu, demikian juga dengan peserta yang mengikuti.

Menurut Hendri Gunawan, selaku Koordinator Program Hutan Desa Yayasan Palung, mengatakan, adapun tujuan dari belajar Smart Patrol ini sebagai langkah awal proses belajar dan pemahaman kepada tim patrol hutan desa.

Selanjutnya, Hendri, menambahkan, Pada pelatihan ini ditekankan pada pada praktek untuk pengambilan data patrol menggunakan mobile phone dengan metode smart mobile oleh tim patroli dua LPHD Simpang Keramat dan LPHD Hutan Bersama. Sebelum mereka dilepas langsung untuk patroli ke lapangan di Wilayah Hutan Desa masing-masing.

Sebagai informasi, smart patrol berfungsi untuk memudahkan petugas patroli dalam melakukan monitoring kawasan hutan desa.

(Pit/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini