Ajak Kelompok Binaan Mengenal Ecoprint sebagai Sebuah Pelung Berkelanjutan

140
Motif yang dihasilkan dari Ecoprint. (Foto : Istimewa/YP)
Motif yang dihasilkan dari Ecoprint. (Foto : Istimewa/YP)

MONGA.ID-Kayong Utara,Yayasan Palung (YP) melalui Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) mengajak kelompok binaan mengenal ecoprint dengan mengadakan pelatihan  selama  dua hari Rabu hingga Kamis (12-13/10/2022), di Kantor Yayasan Palung Bentangor Education Center, Desa Pampang Harapan, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Dalam pelatihan tersebut, peserta terlihat sangat bersemangat mengikuti arahan Ibu Chatarina Kusumawardhani dari Deaara Ecoprint selaku mentor (pelatih) dalam kegiatan ecoprint.

Mengenalkan ecoprint sebagai sebuah peluang yang berkelanjutan yang bisa saja menjadi peluang usaha jika ditekuni.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain adalah Perajin kelompok binaan SL dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial binaan dari di Program Hutan Desa. Peserta yang ikut hadir dalam pelatihan tersebut adalah sebanyak 16 orang peserta.

Peserta yang mengikuti pelatihan ecoprint. Terlihat beberapa motif yang indah dari hasil pelatihan. (Foto : Istimewa/Yayasan Palung).

Ranti Naruri, Manager Program Sustainable Livelihood Yayasan Palung, mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk mengenalkan ecoprint kepada perajin binaan. Berharap mereka bisa melirik ini sebagai sebuah peluang  ramah lingkungan yang berkelanjutan.

Seperti diketahui, ecoprint merupakan sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Dari pelatihan yang diadakan  tersebut, peserta  berhasil membuat motif  dengan corak yang indah dari hasil ecoprint.

Pit

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini