Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Yuk Peduli Persoalan Sampah di Sekitar Kita

130
Ilustrasi gambar Hari Peduli Sampah Nasional 2023. Foto dok : Review Tech

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati untuk mengenang para korban yang telah meninggal akibat dari ledakan gas metana yang berasal dari tumpukan sampah yang terjadi di desa Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada tanggal 21 Februari 2005 silam. Dari peristiwa tersebut menimbulkan korban jiwa kurang lebih 157 orang. Setelah kejadian tersebut, pemerintah lalu menetapkan setiap tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Melihat peristiwa tersebut, ternyata sampah yang selama ini kita anggap sepele ternyata bisa membuat petaka bagi kita dan bahkan memakan korban jiwa jika sampah tersebut tidak ditangani dengan baik. Mengutip dari kumparan.com , pada tahun 2021 Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik nomor 3 terbesar di dunia, artinya penanganan sampah dinegara kita belum bisa diatasi dengan baik.

Yuk kita atur pola hidup yang lebih ramah lingkungan dari sekarang dengan cara merubah pola pikir dan prilaku kita agar lingkungan kita terlihat lebih nyaman dan indah.

Berikut ini beberapa tips gaya hidup rampah lingkungan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Membawa botol minum dan wadah makanan yang bukan sekali pakai

Bagi kita yang biasanya suka beli jajanan dan minuman diluar mulai sekarang yok bijak dalam menggunakan sampah plastik. Saat sekolah, bermain, dan saat bepergian mulai sekarang biasakan membawa sendiri dari rumah. Selain makanan yang kita masak sendiri higienis dan sehat juga dapat menghemat pengeluaran kita.

2. Membawa tas belanja saat kepasar

Menurut penelitian masyarakat dinegara kita dalam satu hari rata-rata menghasilkan minimal 2 kantong plastik. Nah, dengan kita membawa kantong yang bukan sekali pakai dapat mengurangi terjadinya sampah dan juga menguntungkan bagi si penjual pasar karena menghebat penggunaan kantong plastik.

3. Menggunakan listrik seperlunya

Kita sadar bahwa dinegara kita PLN masih banyak yang menggunakan bahan bakar batu bara. Batu bara sendri berasal dari fosil sehingga jika kita boros dalam menggunakan listrik maka cadangan bahan bakar kita juga akan semakin cepat habis. Cara ini sangat efektif kita lakukan selain kita berpola hidup ramah lingkungan juga dapat menghemat biaya listrik.

4. Menanamkan karakter hidup ramah lingkungan kepada anak-anak sejak dini

Hal ini bisa dilakukan oleh ibu-ibu yang mempunyai anak kecil dirumah, dengan kita menanamkan pendidikan ramah lingkungan kepada anak-anak kita, maka kita sudah membantu dalam melestarikan lingkungan.

5. Memanfaatkan bekas sampah menjadi barang yang berharga

Tidak semuanya sampah itu tidak berharga, sekarang sudah banyak orang-orang yang memiliki ide dalam mengelola sampah. Misalnya, memanfaatkan bekas botol minuman air mineral menjadi tempat media tanam hidroponik, memanfaatkan bekas bungkus minuman sashet menjadi tas dengan metode anyam, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, itu tadi mungkin beberapa tips gaya hidup ramah lingkungan yang bisa kita terapkan dikehidupan sehari-hari. Ayo…!!! diet sampah plastik dari sekarang…!!!

Penulis : Riduwan-Yayasan Palung

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini