Selamat Hari Primata Indonesia, Primata Kita Luar Biasa

130
Ilustrasi Foto Primata. Foto : IST/dari berbagai sumber

Setiap tanggal 30 diperingati sebagai Hari Primata Indonesia.

Teman-teman konservasi, mengapa primata begitu penting bagi lingkungan? Satu diantaranya adalah karena primata berperan sebagai penyeimbang ekosistem. Selain itu juga, tidak bisa disangkal, primata seperti Orangutan dan Owa memiliki peranan yang sangat penting bagi regenerasi hutan atau dengan kata lain merupakan si petani hutan (karena tanpa lelah dan tidak pamrih, setiap hari ia selalu menyemai biji-bijian yang nanti disebut tajuk-tajuk pohon (pohon-pohon baru) yang bermanfaat bagi keberlanjutan napas kehidupan hingga nanti.

Primata Indonesia kita luar biasa!!!

Sejatinya kampanye primata Indonesia banyak memberikan inspirasi bagi masyarakat maupun kelompok lain untuk turut melakukan kampanye primata Indonesia.

Dari yang berukuran kecil seperti Tarsius, hingga yang berukuran besar seperti Orangutan. Dari yang bersembunyi di kegelapan malam seperti Kukang, hingga menikmati senja seperti Bekantan. 

Primata Indonesia selayaknya cerminan kehidupan sosial kita. Hidup dalam komunitas yang besar seperti Yaki, atau hidup dalam keluarga kecil nan harmonis selayaknya Siamang. Bahkan, kisah-kisah primata erat dengan budaya manusia, seperti tarian Turuk Uliat Bilou yang bercerita akan kegembiraan, hingga dongeng Lutung kasarung yang memberikan pesan akan cinta dan ketulusan.

Tulisan diolah dari berbagai sumber

(Pit-YP/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini