HPSN 2024, YP Ajak Kelompok Belajar dan Siswa-Siswi di Sekolah Peduli Soal Sampah

260
Foto-foto kegiatan HPSN 2024 di KKU dan Ketapang. Foto dok. Simon Tampubolon dan Haning Pertiwi/Yayasan Palung.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada tanggal 21 Februari, Yayasan Palung (YP) melalui Program Pendidikan Lingkungan yang ada di Kayong Utara melakukan serangkaian kegiatan, pada Rabu (21/2/2024).

Selanjutnya pada Rabu (27/2/2024), Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) dan YP mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HPSN di SMPN 1 Matan Hilir Utara (MHU) Ketapang, dengan mengajak siswa-siswi peduli sampah dengan memanfaatkannya menjadi Barang yang bermanfaat.

Cara tersebut penting dilakukan sekaligus mengajak kelompok belajar dan Siswa-siswa agar peduli dengan persoalan sampah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan lalu.

Kegiatan HPSN 2024 di Kayong Utara

Pada kesempatan kegiatan HPSN, YP mengajak kelompok belajar anak “Simpang Keramat Kids” yang ada di Sekolah Dasar Negeri 20 Penjalaan untuk memanfaatkan sedotan plastik bekas menjadi barang-barang bermanfaat. Sebelumnya anak-anak diminta untuk mengumpulkan sedotan plastik bekas di sekitar sekolah dan sekitar rumah mereka.

Seperti yang terlihat, sedotan plastik bekas tersebut mereka manfaatkan (olah) menjadi tempat pensil, bunga dan beberapa hiasan dinding.

Simon Tampubolon, Koordinator Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung di Kayong Utara, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian anak-anak terhadap kebersihan lingkungan di sekitar mereka serta mengubah pandangan mereka terhadap sampah. Sedotan plastik ini memang sampah yang terlihat kecil, tapi tanpa kita sadari sampah sedotan ini ada dimana-mana. Baik itu di lingkungan rumah, lingkungan sekolah, lingkungan perkantoran bahkan di tempat-tempat wisata. Padahal sampah sedotan plastik itu dapat disulap menjadi barang-barang yang memiliki nilai keindahan. Adapun anak-anak yang ikut dalam kegiatan tersebut berjumlah 39 orang.

Kelompok muda Yayasan Palung yaitu REBONK ikut ambil bagian mendampingi anak-anak dalam pembuatan kerajinan. Elya mendampingi pembuatan tempat pensil, Anisah mendampingi pembuatan bunga. Sementara Rabania, Wahyu dan Wawan mendampingi pembuatan hiasan dinding.

Kegiatan HPSN 2024 di Ketapang

Dalam Rangka memperingati HPSN 2024 Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) dan YP mengadakan ragam kegiatan memperingati HPSN di SMPN 1 Matan Hilir Utara (MHU) Ketapang, dengan mengajak siswa-siswi peduli sampah dengan memanfaatkannya menjadi Barang yang bermanfaat. Selanjutnya juga diadakan lecure tentang Sampah yang disampaikan oleh Haning Pertiwi dari Yayasan Palung.

Pada kesempatan itu, siswa-siswi diajak untuk Reuse mencakup konsep penggunaan kembali barang atau bahan untuk tujuan yang sama atau berbeda tanpa proses pemrosesan ulang (daur ulang). Siswa-siswi membuat kotak pensil dari botol plastik bekas. Selanjutnya mereka juga memasang plang informasi lamanya sampah terurai.

Tampak antusias dari semua peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Kegiatan berjalan sesuai rencana dan mendapatkan sambutan baik dari pihak sekolah dan semua peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut.

(Pit-YP/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini