Arti Penting Hutan Bagi Kehidupan

586
Hutan dan burung enggang sebagai satu kesatuan makhluk hidup yang hidup berdampingan serta saling membutuhkan satu sama lainnya. (Foto dok : Tim Laman).

Bila boleh dikata, hutan memiliki arti yang sangat penting bagi semua nafas kehidupan. Sumber hidup, ya karena hutan tidak sedikit memiliki peran bagi sebagian besar makhluk hidup yang mendiami bumi ini.

Ada istilah; Hutan Sebagai Sumber hidup atau Kehidupan. Akan tetapi, walaupun hutan memiliki arti penting bagi kehidupan, nasibnya (hutan) pun kini semakin memprihatinkan karena dirusak, dimusnahkan hingga tak sedikit yang rebah tak berdaya menjelang terkikis menjelang habis jika tidak diselamatkan/dilestarikan mulai dari sekarang dengan cara-cara sederhana yang kita semua miliki.

Arti penting hutan bagi kehidupan pun mengingatkan kita kepada Hari Hutan Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 Maret. Hari Hutan Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 Maret sebagai pengingat sekaligus merefleksikan bagi kita semua apa arti penting hutan bagi kehidupan kita saat ini hingga nanti.

Peran penting hutan bagi keberlanjutan sebagian besar atau semua nafas kehidupan makhluk hidup di bumi tentu sebagai gambaran, bahwa HUTAN bukan warisan melainkan TITIPAN maka dari itu ia sejatinya harus dijaga, dirawat atau dilestarikan menjadi peran semua untuk menjaga alam hutan ini karena arti penting dan fungsinya terutama bagi kehidupan kita manusia di bumi.

Lalu apa saja arti dan peran penting hutan bagi nafas kehidupan?

Pertama, Udara yang bersih tentu karena hutan alam ini masih tersedia dengan baik. Kita pun masih beroleh nafas dari oksigen yang tersedia secara cuma-cuma (gratis) saban waktu. Bagaimana kiranya bila tidak ada udara yang bersih dan oksigen yang gratis di bumi ini?

Kedua, hutan alam ini tidak sedikit menjadi rumah bagi sebagian besar satwa. Tidak terkecuali orangutan, kelempiau, kelasi, burung enggang dan satwa lainnya yang merupakan satwa dilindungi yang harusnya harus terus lestari hingga selamanya.

Ketiga, adanya hutan yang disebut raya tetapi sudah tidak seraya dulu ini pun menjadi sangat penting karena sebagai benteng terakhir dalam upaya mencegah berbagai bencana yang disebabkan oleh tangan-tangan tak terlihat namun terasa dengan apa yang disajikan terjadi dengan ragam bencana yang acap kali terjadi seperti banjir ataupun juga kekeringan.

Keempat, Hutan sangat penting menjaga iklim dunia. Selain itu, tersedianya hutan alam juga menjadi mega biodiversity sangat menarik untuk diteliti oleh siapa saja sebagai ilmu pengetahuan.

Selain itu juga, hutan alam sangat penting sebagai obyek Wisata karena keunikan baik flora ataupun faunanya, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, hadirnya hutan menjadi penyedia ragam pakan (makanan) bagi sebagian besar satwa yang mendiami hutan tersebut pula.

Artian hutan begitu penting bagi kehidupan kita sekaligus menjadi penanda dan pengingat bagi kita bahwa hutan yang masih tersisa ini sejatinya dipelihara, dirawat dan dilestarikan dengan cara-cara sederhana yang kita miliki.

Bukankah kita telah diingatkan dengan kata-kata ini: “Apabila pohon terakhir telah di tebang, apabila ikan terakhir telah/sudah dimakan, apabila sungai terakhir telah diracuni saat itulah engkau sadar bahwa uang tidak bisa dimakan, (Kutipan dari Kata-kata bijak).”

(PIT/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini