Hewan Ini Sepintas Terlihat Sama Tetapi Sesungguhnya Beda

7575
Pelanduk Kancil dan Tikus Rusa. Foto dok. Dari Berbagai Sumber

MONGA.ID-KETAPANG, Sepintas satwa ini terlihat mirip tetapi sesungguhnya (sejatinya) mereka berbeda. Memiliki kemiripan yang hampir sama seperti warna dan ukuran tubuh, memiliki tubuh yang kecil dan warna hampir sama.

Satwa ini tampak tak ada bedanya, semuanya terlihat serupa tetapi sesunggungnya mereka berbeda. Iya, satwa tersebut adalah Pelanduk kancil (dalam Bahasa latinnya; Tragulus kanchil) dan Vietnam mouse deer atau di sebut juga sebagai tikus rusa dan dalam Bahasa latinnya disebut Tragulus versicolor atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut dengan Silver backed Chevrotain.

Ada beberapa perbedaan dari jenis satwa ini sesungguhnya. Nah, apa saja perbedaan mereka?

Ciri-ciri dari Pelanduk kancil (Tragulus kanchil) adalah memiliki coretan putih (conteng putih) didadanya. Pelanduk kancil masih banyak terdapat di Wilayah hutan primer dan sekunder dataran rendah. Adapun sebaran dari satwa ini berada di Sumatera, Kalimanan, Semenanjung Malaya, Singaura dan Kamboja. Daftar IUCN Red List menyebutkan pelanduk kancil masuk dalam daftar Least Concern atau dengan kata lain masuk dalam daftar resiko rendah.

Pelanduk Kancil (Tragulus kanchil). Foto IST/ dok : Dictio.co

Sedangkan tikus rusa atau Tragulus versicolor sebutannya adalah punggung perak (Silver backed Chevrotain).  Satu alasannya karena tikus rusa memiliki punggung berwana perak ketika ia bergerak dan apabila tubuhnya tersinar cahaya. Baru-baru ini tikus rusa ditemukan di Vietnam, setelah terakhir kalinya 30 tahun silam. Tragulus versicolor atau tikus rusa kembali dinyatakan masih ada alias belum punah.

International Union for Conservation of Nature (IUCN) mencatat, status konservasi untuk satwa ini sebagai “kurang data”. Artinya, informasi tentang keberadaannya sangat minim atau kurang data (data deficient).

Adapun sebaran dari satwa ini hanya terdapat di wilayah Vietnam saja dan tidak ada terdapat di tempat lainnya.

Vietnam mouse deer (Tragulus versicolor). Foto IST/ dok : b-cdn

Hewan/satwa serupa tetapi tak sama ini berasal dari Keluarganya sama tetapi dari spesies yang berbeda.

Ini jenis dari pelanduk yang ada;
Pelanduk jawa (Tragulus javanicus); endemik (terbatas) di P. Jawa

Pelanduk kancil (Tragulus kanchil); menyebar luas

Pelanduk napu (Tragulus napu); menyebar luas

Pelanduk filipina (Tragulus nigricans); terbatas di Balabac, Palawan

Pelanduk vietnam (Tragulus versicolor); terbatas di Vietnam bagian tenggara

Pelanduk wiliamson (Tragulus williamsoni); terbatas di Thailand utara dan mungkin juga di Yunan selatan.

Nah, Itu tadi beberapa perbedaan dari satwa Pelanduk Kancil dan Tikus Rusa. Semoga biasa menambah ilmu pengetahuan kita Bersama. Semoga saja…

Bahan Bacaan :

https://sains.kompas.com/read/2019/11/12/180300423/hewan-tikus-rusa-yang-dianggap-punah-terlihat-di-vietnam?fbclid=IwAR1GeeIpZbYGoQQs2uHZQQqQmT7nvwmXViCeObreb24SnRkFQxRMf0BqBUohttps://phys.org/news/2019-11-vietnam-deer-rediscovered-years.htmlhttp://novataxa.blogspot.com/2019/11/tragulus-versicolor.htmlhttps://id.wikipedia.org/wiki/Pelanduk_kancilhttps://www.dictio.id/t/apa-yang-anda-ketahui-tentang-kancil/63646https://www.globalwildlife.org/silver-backed-chevrotain

 

(MONGA.ID/Petrus Kanisius)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini