“Cerita Pendek” Siapa Tahu Jadi Penulis

1720
Ingin jadi Penulis. Foto IST/ShopBack/MONGA

Judul tulisan yang kutulis ini adalah “SIAPA TAU JADI PENULIS”. Mewakili perasaaanku menjadi seorang penulis menjadikan sebuah buku sebagai media curhat. Entah pagi ini kenapa aku bercita cita menjadi seorang penulis. Aku tidak jago dalam merangkai atau meracik kata menjadi komplit, penempatan subjek atau objek, bahasa baku bahkan bahasa anak muda yang menjadi tren.

Saat ini aku tidak memiliki kuota internet untuk membaca artikel atau googling atau apalah media pendukung dalam merangkai kata. Semua tulisan ini ku tulis dengan kata kata sendiri tanpa memikir alur akan menjadi sebuah tulisan yang menarik. Terlintas ada kata “OPTIMIS”, ya mungkin kata yang tepat mewakili curhatan ku diawal kalimat sampai terakhir kata ini, optimis akan dipublikasikan dan bahkan optimis menjadi sebuah buku. Kata di unek-unek ku sudah mengantri untuk ditulis sebagai bahan tulisan. Sejenak berfikir apakah ini lebay? Lanjut menulis.

Puluhan kata mungkin sudah ku hapus karena rasanya tidak sesuai untuk dijadikan tulisan. Bahkan seorang penulis sekali pun akan melakukan hal yang sama. Saya bingung memulai dari mana intisari dari tulisan saya ini agar kamu tidak kebingungan. Berangkat dari media sosial PENDIDIKAN. Pendidikan dijadikan senjata untuk menyerang millenial yang seolah tidak punya akal serta moral, instastory yang ku lihat dari katanya disebut mahasiswa berpendidikan membuatku semakin yakin bahwa tidak semua yang berpendidikan akan mendidik yang bawahan. Terangkai kata yang ku baca dari instastory “KITA ORANG BERPENDIDIKAN, ANAK KULIAHAN, EMANGNYA LO YANG NGGAK KULIAH NGGAK BERPENDIDIKAN”. Pesan moral untuk siapapun membaca tulisan ini tolong jangan jadikan pendidikan sebagai senjata untuk menyerang yang tidak berpendidikan kaum muda khususnya, karna kita tahu tidak selayaknya lontaran kata tersebut keluar dari mulut seorang yang berpendidikan.

Manusia itu diciptakan sama, sama sama mahkluk sosial yang membutuhkan satu sama lain, Cuma jalannya aja yang beda. Kampung halaman ku yang dulu bisa saling menghargai kini saling asing untuk saling menghargai karna adanya seorang mahkluk yang bernama MAHASISWA. Aku mewakili rekan mahasiswa minta maaf kepada siapapun yang merasa tersinggung oleh mahkluk kasat mata yag bernama MAHASISWA atas sikap serta tutur kata yang tidak berkenan di hati saudara. Sekali lagi kita sama cuma jalannya aja yang beda, diasumsikan begini “kalau misalnya isi bumi Indonesia ini presiden semua siapa yang jadi rakyat? So jangan tersinggung sahabat. Kata ini juga ku rangkai berdasarkan kisah nyata curhatan seorang teman bukan cerita fiktif atau mengada ada. Satu diantara kalian mungkin beranggapan bahwa saya bisanya ngomong dibelakang, ya mungkin melalui tulisan ini saya bisa menceritakan apa yang kamu tidak kamu ketahui di sekeliling mu.

Beberapa diantara kita juga memiliki karakter yang berbeda, ada yang sama ada yang beda, ada yang bisa bergurau ada yang mudah tersinggung. Tidak semuanya yang kamu lihat bisa kamu nilai benar atau salah. Meluruskan curhatan dari seorang yang hebat yang ku ketahui saat ini, merasa tersinggung karena diasingkan masalah tidak pendidikan. 8 tahun terakhir isu pendidikan di domisili tempatku berada memang sudah nampak bahwa pendidikan adalah suatu masalah yang nantinya akan menjadi alat untuk menyudutkan polemik lemah yang seolah tak terarah kemana akan melangkah.

Bukan kamu yang hanya menyandang status menjadi seorang mahasiswa yang berfoya foya menghabiskan uang orangtua bangga dengan bisa minum mabuk, pesta pora, ganja, narkotika serta narkoba yang menjadi kebanggan desa melainkan dia mahasiswa yang lulus tepat pada waktunya dan seorang tidak berpendidik yang bisa membanggakan kedua orangtua tanpa menyakiti hatinya. Terima kasih untuk kamu yang sudah lulus dan bisa membuat orangtua bangga.

Terima kasih untuk kamu yang bisa menghargai dan tidak membedakan teman yang tidak berpendidikan. Terima kasih untuk satu desa yang menjadi cerminan dari ceritaku ini. Salah satu desa yang membuat saya iri yang bertolak belakang dengan domisiliku. Desa yang bisa menghargai dengan kutipan “di tempat ku orang yang nggak kuliah sama yang kuliah merangkul menjadi satu, didalam forum kami tidak pernah membahas akademik”, sejenak berfikir kok berbanding terbalik ya dari temaptku? Sekali lagi terima kasih desa yang ku maksud. Diakhir kata tema pendidikan ini mungkin ada sebuah kutipan yang menurutku itu benar sebagai ingatan untuk millenial mahluk kasat mata yang disebut mahasiswa “manusia diciptakan dari tanah dan kembali ketanah yang bertuliskan nisan tanpa pangkat sarjana”.

Setelah membahasa pendidikan mungkin lanjut ke tema selanjutnya, mumpung masih ingat, karna penulis hebat sepertiku susah mencari kata kata.

Kali ini temanya CINTA. Semua orang aku rasa membutuhkan yang namanya cinta. Mengangkat topik ini karena saya sedang merasakan apinya asmara, membahas soal cinta memang aku bukan pakarnya. Kata anak muda zaman sekarang bucin namanya, berangat dari pengalaman dong.

Penyemangat saat kuliah itu perlu pacar katanya? Kalo aku nebak seorang psikologis beranggapan bahwa ada beberapa manusia memang butuh penyemangat untuk kelancaran studinya. Tuh kan aku melebihi psikolog. Walaupun tidak semua orang sih ngalamin hal tersebut. Kalo pacaran saling support dong biar semangat satu sama lain. Sebenarnya topik bahasannya tidak kesini ya karna kata kata yang sudah dirancang tetiba hilang. Menurutku cinta itu seperti buku, dimulai dari nol sampai menjadi sebuah buku yang didalamnya terangkai kata kata indah namun biasaya ada konflik, entah itu salah tulis atau bahkan baik baik saja.

Parah sih hilang semua yang mau dibahas, mau dihapus udah setengah mau dilanjutin ragu. Tapi yakin dong menjadi sebuah buku. Mahasiswa itu katanya kreatif katanya sih, tapi ada tipe mahasiswa yang baik dalam akademik tetapi tidak pada organisasi dan sebaliknya. Kembali ke cinta, kalo putus nyawanya jangan ikutan ya, masa iya mahasiswa pikirannya dangkal. Beranjak dari pengalaman ku lagi, kalo misalnya pasangan kamu terutma cowok nih, ceweknya bilang ”jalani aja dulu”, udah nggak usah dilanjutin pasti bakalan sakit hati. “jangan pernah mengubah perpustakaan hati seseorang yang pacaran tahunan lamanya dalam waktu dekat” karna berkas kenangan masih terselip dilembaran pada halaman metodologi. Katanya cewek itu kayak teori atom, sulit untuk dimengerti. Menurut ku wajar sih cewek itu matre, ya kalo nggak ngeliatin isi dompet cewek mana yang mau diajak hidup susah.

Buat para cowok nih, sadar diri dong, maunya cewek cantik tapi pengangguram, gimana tuh? Tapi cewek jangan mandang fisik juga dong, selain isi dompet hatinya juga dilihat, kalo udah dapat yang mapan berusaha iklas. Bangun tuh sama sama keluarga. Untuk cewek dan cowok yang masih berjuang saat ini semangat ya karirnya, semoga selalu dipermudah dalam segala urusan. “PACARAN SEHAT UNTUK MENDUKUNG BOLEH, PACAR SAKIT JANGAN NGGAK ENAK TUH”. Curhatan seorang cewek yang nggak aku kenal via DM Instagram, berkeluarga itu ngga nyelesaiin masalah keuangan, biasanya masih minta sama orangtua. Makanya jangan buru-buru, kerja dulu baru berkeluarga.

BIKIN ORANGTUAKU MENANGIS, itu cita citaku, nangis melihat anaknya mendapatkan predikat cumlaude dibangku kuliah. Mahasiswa semester akhir itu yang aku rasain serba gengsi terhadap orangtua, gengsi minta uang misalnya. Diriku pribadi apabila ditanyain orangtua keadaan keuangan via telpon jawabnya selalu masih ada walaupun tidak ada sepeser pun, ada nggak nih yang sejalan dengan pembohong seperti diriku.

Nggak tau ya pikiran anak semester akhir itu sama atau tidak,yang pastinya yang aku rasain sekarang mikir nya dapat kerjaan setelah kuliah, bantu orangtua terus bangun keluarga, mulia nggak tuh? Aku saranin ya sama teman-teman yang ekonomi keluarganya sejalan denganku, ekonomi bawah tepatnya, aku minta tolong ya jangan bikin beban orangtua di kampung untuk kamu yang merantau khususnya, bikin orangtua dikampung bahagia, kalo sakit nggak parah jangan ceritain, perihal cari uang nggak gampang, taruh nyawa biasanya.

Untuk kamu yang nggak makan ayam satu minggu jangan khwatir aku yang makannya nggak beraturan juga masih hidup. Sekali lagi tolong ya untuk mahasiswa rantau semangat belajarnya, kamu itu jago. Berusaha,dan berdoa nggak cukup tanpa restu dari orangtua.

BERSAMBUNG……………………………………..

Penulis : Victor Samudra (WBOCS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini