Ratusan Tatung Siap Meriahkan Cap Go Meh di Ketapang

2854
Parade tatung disepanjang Jalan Diponegoro kota Singkawang pada gelaran Cap Go Meh 2019 di Singkawang, Kalimantan Barat, Selasa (19/2/2019). Lebih dari 860 tatung beratraksi pada perayaan Cap Go Meh di Singkawang. (Foto : IST / Tribunnews)
Parade tatung disepanjang Jalan Diponegoro kota Singkawang pada gelaran Cap Go Meh 2019 di Singkawang, Kalimantan Barat, Selasa (19/2/2019). Lebih dari 860 tatung beratraksi pada perayaan Cap Go Meh di Singkawang. (Foto : IST / Tribunnews)

KETAPANG, MONGA.ID – Cap Go Meh merupakan rangkaian perayaan yang jatuh di hari ke – 15 ( lima belas ) setelah Imlek. Rangkaian Cap Go Meh 2571 di Ketapang Kalimantan Barat tahun 2020 berlangsung selama 4 (empat) hari sejak 6 Februari 2020 yang diawali dengan ritual buka mata naga.

Cap Go Meh tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, tampak dari hiasan lampion di sepanjang jalan Merdeka, replika naga yang terpasang di tugu tolak bala serta partisipan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun monga, partisipan yang ikut dalam kegiatan di hari puncak Cap Go Meh (8/2/2020) yaitu 5 (lima) replika naga, 80 Tatung, Pawai Lampion dan Kendaraan Hias.

Rangkaian kegiatan di hari puncak perayaan Cap Go Meh 2020 ini terbagi menjadi 2 (dua), yakni pawai keliling kota yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB s/d 14.00 WIB dengan peserta pawai 5 (lima) naga, 50 tandu tatung, 5 (lima) barongsai.

Kemudian pukul 19.00 wib s.d selesai dilanjutkan dengan Atraksi dan Pawai Lampion dengn peserta Naga, Barongsai, Tatung, Mobil Hias dari berbagai etnis/instansi dan permainan kembang api di 8-10 titik persimpangan Jalan utama.

Seluruh Kegiatan dalam Perayaan puncak Cap Go Meh ini berpusat di Klenteng Tua Pek Kong jalan Merdeka Ketapang.

Adapun rute pawai Cap Go Meh Ketapang 2020 adalah sebagai berikut :

Sabtu, 8 Februari 2020
Cap Go Meh Pagi (mulai pukul 08.00 WIB)

5 Naga dan lebih dari 100 tatung start dari Kelenteng Tua Pek Kong – Tugu Tolak Bala – Pasar Kayong – Dr. Suharso – RA. Kartini – Pasar Baru Blok A – Pangeran Diponegoro – MT. Haryono – Merdeka – Kelenteng Tua Pek Kong – Naik Mobil ke Kediaman Bapak Roni (Belakang bank Kalbar) – Pendopo Bupati – Kembali ke Kelenteng Tua Pek Kong – Selesai.

(Catatan : Setelah sampai di bundaran MT. Haryono, rombongan Tatung melanjutkan perjalanan menuju Jl. R. Suprapto – Jl. Panjaitan – Jl. Karya Tani – Jl. Lingkar – Selesai di Kelenteng Kong Hu Cu. )

Cap Go Meh Malam (mulai pukul 19.00 WIB)

Seluruh peserta pawai dilepas Bupati Ketapang dari Kelenteng Tua Pek Kong – Tugu Tolak Bala – Dr. Suharso – Dr. Sutomo – Urip Sumoharjo – Jend. Sudirman – MT. Haryono – Merdeka – Kelenteng Tua Pek Kong – Selesai.
(MONGA / BAGAS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini