Yayasan Palung Siapkan 6 Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan

1239
Orangutan Kalimantan sedang memakan buah hutan (Artocarpus Sp.) di Taman Nasional Gunung Palung. (Foto : ISTIMEWA/ Tim Laman).

KETAPANG-MONGA.ID, Tahun 2021 ini Yayasan Palung  kembali menyediakan 6  beasiswa. Program beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan Barat atau West Bornean Orangutan Caring Scholarship (WBOCS) pada tahun 2020 telah memasuki tahun ke sepuluh.

Yayasan Palung merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Sejak 2012 Yayasan Palung dan Orangutan Republik Foundation (OURF) bekerjasama menyediakan beasiswa program S-1 melalui Program Peduli Orangutan Kalimantan Barat (West Bornean Orangutan Caring Scholarship). Hingga tahun 2020 terdapat 43 Penerima WBOCS yang diantaranya 11 orang sudah menjadi sarjana. Adapun tujuan diselenggarakannya program beasiswa ini adalah:

  1. Menambah generasi intelektual yang mempunyai komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya perlindungan dan penyelamatan Orangutan Kalimantan dan habitatnya.
  2. Memberikan dukungan moril dan materil kepada generasi muda untuk meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.
  3. Memajukan kerjasama pendidikan untuk pengelolaan sumber daya alam yang lestari antara pihak-pihak di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Adapun Syarat dan Kondisi Penerima Beasiswa adalah :

  • Berasal dari Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, diutamakan kurang mampu secara ekonomi.
  • Diusulkan oleh pihak sekolah / usulan siswa bersangkutan namun meminta rekomendasi dari pihak sekolah. Setiap sekolah berhak mengusulkan 2 (dua) orang siswa.
  • Berencana kuliah di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.
  • Bersedia melakukan penelitian skripsi berkaitan dengan aspek-aspek perlindungan dan penyelamatan Orangutan Kalimantan.
  • Memiliki prestasi yang baik, berkomitmen untuk konservasi dan mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar / kuliah hingga selesai.

Persyaratan Pendaftaran :

  • Formulir pendaftaran dapat diperoleh di sekolah masing-masing atau menghubungi kontak Yayasan Palung atau Penerima WBOCS, diisi dengan lengkap.
  • -Surat pengantar dari Kepala Sekolah

Menyertakan fotocopy berkas sebagai berikut:

a. Fotocopy Raport dari semester 1-5.

b. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

  • Membuat motivation letter atau pernyataan motivasi yang menceritakan tentang keadaan diri dan keluarga, pengalaman dan prestasi, cita-cita dan hubungannya dengan program studi yang dipilih, dan alasan harus diterima dan mengapa pantas sebagai penerima beasiswa, serta buah pikiran tentang mengapa pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan itu penting. Minimum 200 kata, diserahkan sebanyak 3 (tiga) rangkap tanpa jilid.
  • Membuat Esai tentang kondisi dan persoalan lingkungan di tempat tinggal anda (hutan, sungai, laut, dll), serta tantangan konservasinya. Esai dibuat dengan ketentuan: buah pikiran sendiri / orisinil dengan panjang 1000 kata, menggunakan gaya bahasa populer dengan kaidah 5 W 1 H (What, Who, When, Where, Why, How), jika mengutip dari tulisan orang lain harus mencantumkan daftar pustaka. Serahkan sebanyak 3 rangkap tanpa jilid.
  • Berkas pendaftaran dapat diserahkan langsung ke Yayasan Palung (Kantor Ketapang ataupun Bentangor) atau melalui jasa pengiriman paling lambat 17 Maret 2021.

Adapun Tahap Penyeleksian adalah sebagai berikut :

  • Seleksi Tahap I: seleksi berkas, motivation letter dan esai. Hasil seleksi tahap I akan diberitahukan kepada pendaftar melalui pesan singkat (sms / whatsapp) pada 19 Maret 2021.
  • Seleksi Tahap Akhir: presentasi dan wawancara. Peserta diwajibkan mempresentasikan esai, motivation letter, dan alasan memilih fakultas dan jurusan di UNTAN, yang disajikan dalam power point (ppt), serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panel juri. Seleksi ini akan dilaksanakan pada 30 Maret 2021 di Kantor Yayasan Palung di Ketapang. Pengumuman seleksi tahap akhir akan disampaikan melalui surat resmi kepada pihak sekolah pada tanggal 30 Maret 2021 (jadwal ini dapat berubah, dan akan diberitahukan kemudian).

Hak Penerima Beasiswa

Setiap penerima beasiswa diberikan dana beasiswa, untuk membiayai :

  1. Daftar Masuk Universitas
  2. Daftar Ulang selama 8 semester
  3. Biaya Penelitian
  4. Biaya Penulisan Skripsi
  5. Biaya lain dipenuhi selama masih dalam limit dana beasiswa
  6. Bagi Penerima Beasiswa yang mendapat UKT IV dan V, pembiayaan dihentikan jika sudah mencapai limit dana beasiswa, walaupun tidak memenuhi poin 1-4.
  7. Peningkatan kapasitas dari Yayasan Palung

Kewajiban Penerima Beasiswa

1. Selama menempuh pendidikan :

  • Penerima beasiswa menjadi relawan selama 1 (satu) bulan pada setiap tahunnya di Yayasan Palung atau di lembaga konservasi / lingkungan lainnya.
  • Penerima beasiswa melakukan aktivitas kampanye konservasi secara sendiri / bersama dengan penerima WBOCS lainnya.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (Grade 4), IPK dibawah yang disyaratkan dengan toleransi 1 (satu) semester atau ditentukan berdasarkan penilaian, jika tetap tidak memenuhi ketentuan, program beasiswa akan dihentikan.

2. Penelitian skripsi harus sesuai dengan syarat dan kondisi dalam beasiswa ini.

Informasi lainnya

1.Calon mahasiswa/i hanya dapat memilih jurusan dan fakultas:

-Fakultas FMIPA Jurusan Biologi / Matematika

-Fakultas Kehutanan

-Fakultas Hukum

-Fakultas ISIP Jurusan Hubungan Internasional / Sosiologi / Antropologi

2.Jika ikut mendaftar SNMPTN, pilih jurusan dan fakultas yang sesuai dengan prasyarat WBOCS.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  1. Yayasan Palung, Jl. Kol. Sugiono Gg. H. Ikram No. 1 Ketapang. Telp/Fax: 3036367, www.yayasanpalung.com
  2. Bentangor / Pusat Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung, Dusun Pampang Desa Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Kabupaten Kayong Utara
  3. Haning Pertiwi: WA 0821-2186-3052, Riduwan: WA 0815-2157-4106
  4. WBOCS: wbocsofficial@gmail.com, @wbocs_update (Instagram)
  5. Mita (WBOCS 2017): WA 0853-8627-2821, Gusti (WBOCS 2019): WA 0822-5086-6998

(MONGA.ID/PIT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini