Rayakan Hari Hutan Hujan, Ajak Relawan Mengenal Hutan yang Ada di Lubuk Baji

104
Ajak relawan mengenal langsung hutan hujan. (Foto : ISTIMEWA/Simon/YP/MONGA.ID)

Dalam rangka memperingati Hari Hutan Hujan Sedunia (World Rainforest Day) 2021, Yayasan Palung (YP) mengajak Relawan Bentangor untuk Konservasi (REBONK) untuk Mengenal hutan hujan yang ada di Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Lubuk Baji, Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), Minggu (20/6/2021) kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 16 anggota dan calon anggota REBONK. Beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan antara lain seperti penyampaian materi tentang Hutan Hujan Tropis yang disampaikan oleh Simon Tampubolon, praktek lapangan tentang pengamatan ciri-ciri umum hutan hujan tropis (keadaan kanopi, ketinggian pohon, keanekaragaman hewan dan tumbuhan, kelembaban tanah, kelembaban udara, keadaan tumbuhan di lantai hutan, dan lain sebagainya). Selanjutnya juga dalam kegiatan tersebut disampaikan presentasi hasil pengamatan dan diskusi.

Dengan memasuki langsung kawasan hutan hujan yang ada di ODTWA Lubuk Baji ini diharapkan relawan dapat lebih memahami tentang hutan hujan tropis, ciri-ciri umumnya dan apa manfaatnya bagi kehidupan di bumi.

Kegiatan ini juga mendapat sambutan baik dari Kepala Resort Taman Nasional Gunung Palung Wilayah Sedahan Jaya.

Penulis : Simon Tampubolon

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini