Ini Peranan Penting Orangutan dan Hutan Bagi Kehidupan

42
Ilustrasi Foto : Induk orangutan dan bayi selalu hidup bersama hingga si bayi dewasa. (Foto : IST/ Yayasan Palung dan Tim Laman).

Tidak bisa disangkal, orangutan dan hutan memiliki peranan penting bagi kehidupan. Orangutan sebagai petani hutan (penyebar benih) dan hutan sebagai sumber hidup bagi sebagian besar kehidupan.

Hutan sebagai rumah sekaligus sumber hidup bagi orangutan dan manusia. Bayangkan, apa jadinya jika orangutan dan hutan tak tersisa, lalu bagaimana dengan kehidupan? Satu yang pasti adalah satu kesatuan makhluk hidup akan sulit berkembang biak. Ancaman akan hilangnya habitat hidup dari orangutan sudah semakin terasa.

Orangutan boleh dikata sebagai spesies dasar bagi konservasi, hilangnya orangutan mencerminkan hilangnya ratusan spesies tanaman dan hewan pada ekosistem hutan hujan.

Orangutan memegang peranan penting bagi regenerasi hutan melalui buah-buahan dan biji-bijian ketika makan. Buah-buhan atau pun biji-bijian itulah yang selanjutnya tumbuh menjadi tajuk-tajuk pepohonan yang disebut juga sebagai hutan.

Hutan primer yang tersisa merupakan dasar kesejahteraan manusia dan kunci dari planet yang sehat adalah keanekaragaman hayati, dengan menyelamatkan orangutan berarti pula turut menolong mamalia, burung, reptil, amfibi, serangga, tanaman, dan berbagai macam spesies lainnya yang hidup di hutan hujan Indonesia.

Lalu, apa kaitan orangutan dengan manusia? Manusia sangat bergantung terhadap hutan seperti halnya orangutan untuk pemenuhan akan akan sumber hidup seperti sebagai sumber air, pangan dan udara yang bersih. Selain itu, manusia memerlukan sumber ilmu pengetahuan, rekreasi dan mata pencaharian.

Hutan yang baik akan selalu memberikan dampak  baik bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan, tidak terkecuali mendatangkan wisatawan dari dampak pariwisata yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah dari adanya orangutan di hutan dapat memberikan informasi tentang pemanfaatan obat-obatan tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan di hutan kepada masyarakat dan para peneliti.

Satu harapan agar boleh kiranya orangutan dan hutan boleh berlanjut hingga nanti karena peranannya yang sangat tak ternilai bagi keberlanjutan kehidupan sebagian besar makhluk hidup. Untuk perlindungan dan pelestarian orangutan dan hutan perlu perhatian dari semua pihak tanpa terkecuali. Dengan demikian hutan dan orangutan bisa lestari hingga nanti.

(Pit/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini