Ajak Masyarakat untuk Memperkuat Jejaring Penyelamatan Orangutan

344
Yayasan Palung (YP) bersama dengan para pihak melakukan kegiatan bertajuk Roadshow Memperkuat Jejaring Penyelamatan Orangutan di Sekitar Kawasan TNGP yang dilaksanakan di Desa Matan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kayong Utara, pada Senin (8/11/2021). (Foto : ISTIMEWA/YP)
Yayasan Palung (YP) bersama dengan para pihak melakukan kegiatan bertajuk Roadshow Memperkuat Jejaring Penyelamatan Orangutan di Sekitar Kawasan TNGP yang dilaksanakan di Desa Matan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kayong Utara, pada Senin (8/11/2021). (Foto : ISTIMEWA/YP).

KAYONG UTARA-MONGA.ID, Kepedulian terhadap nasib hidup orangutan sudah menjadi satu kesatuan kepedulian semua pihak saat ini. Seperti misalnya Yayasan Palung (YP) bersama dengan para pihak melakukan kegiatan bertajuk Roadshow Memperkuat Jejaring Penyelamatan Orangutan di Sekitar Kawasan TNGP yang dilaksanakan di Desa Matan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kayong Utara, Senin (8/11/2021).

Mengingat, Orangutan merupakan spesies payung yang keberadaannya sudah kritis (CR) menurut IUCN Red List. Spesies ini hidup di hutan-hutan Kalimantan dan Sumatera. Untuk di Kalimantan sendiri, khususnya di Ketapang dan Kayong Utara terdapat beberapa kantong populasi orangutan, diantaranya hutan lindung, kawasan hutan desa dan Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA).

Dalam rangkaian kegiatan roadshow tersebut YP bersama lembaga mitra seperti dari BTNGP (Balai Taman Nasional), BKSDA SKW 1 Ketapang, dan Yayasan IAR Indonesia berkesempatan menyampaikan beberapa materi untuk disampaikan kepada masyarakat di Desa Matan Jaya.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya; Materi tentang Taman Nasional Gunung Palung sebagai habitat Orangutan (TANAGUPA) yang disampaikan oleh Gusti Andi (Polhut) dari BTNGP. Materi kedua yang disampaikan adalah tentang Orangutan dan makanannya yang disampaikan oleh Andre Ronaldo dari tim Animal and Habitat Protection, Yayasan Palung. Materi selanjutnya adalah tentang Interaksi Manusia dan Orangutan yang sampaikan oleh Muhadi dari tim Orangutan Protection Unit, Yayasan IAR Indonesia. Dan terakhir, materi yang disampaikan oleh Wahyudi dari Petugas Lapangan BKSDA SKW 1 Ketapang.

Manager Program Animal and Habitat Protection Yayasan Palung, Erik Sulidra mengatakan, Yayasan Palung, dalam kegiatan ini membantu BTNGP, salah satunya dengan memperkuat jejaring penyelamatan orangutan di sekitar kawasan Tanagupa. Karena potensi interaksi dengan orangutan yang besar dari kawasan yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional, dan harapan akan terjadinya interaksi yang positif bukan berupa konflik negatif, maka perlu diadakan kegiatan Roadshow ke beberapa desa yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA).

Ada 20 orang yang terdiri dari panitia dan anggota masyarakat di Desa Matan Jaya ikut hadir dalam rangkaian kegiatan itu. Semua rangkaian kegiatan ini dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemasangan plang (baliho) tentang satwa-satwa dilindungi di desa tersebut. Semua rangkaian kegiatan berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan baik dari masyarakat.

(Petrus Kanisius/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini