Bentuk Kelompok Usaha Perhutanan Sosial untuk Selamatkan Hutan

208
Membentuk kelompok Usaha Perhutanan Sosial bidang pertanian itu diberi nama Setunggal Mandiri, dan dibentuk di Desa Padu Banjar dilakukan pada Jumat (17/11/2021). (Foto : ISTIMEWA/Hendri).

KAYONG UTARA-MONGA.ID, Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan hutan, satu diantanya yang dilakukan oleh Yayasan Palung (YP) dengan membentuk usaha perhutanan sosial.

Usaha Perhutanan Sosial bidang pertanian itu diberi nama Setunggal Mandiri, dan dibentuk di Desa Padu Banjar dilakukan pada Jumat (17/11/2021) .  

Anggota dari Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Setunggal Mandiri adalah Para Petani, Pekebun yang memiliki hak kelola di dalam Kawasan Zona Pemanfaatan Hutan Desa Padu Banjar.  Mereka berjumlah 25 orang dan sebagai ketua kelompok Heriansyah. “Untuk jumlah anggota nantinya bisa bertambah,” kata Hendri Gunawan, selaku Koordinator Program Hutan Desa, Yayasan Palung.

Lebih lanjut, Hendri sapaan akrabnya mengatakan, rencananya mereka akan menanam komoditas unggulan seperti tanaman pinang batara sebanyak 3000 bibit. Selain itu, tanaman jengkol dan petai sebagai tanaman sisipan yang nantinya mereka ajukan Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Kalimantan.

Adapun tujuan dari dibentuknya Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Setunggal Mandiri sebagai salah satu cara untuk menyelamatkan kawasan. Rencananya mereka akan menam bibit tanaman di kawasan bekas kebakaran dan ini juga sebagai salah satu cara untuk melakukan penghijauan di kawasan hutan tersebut dengan tanaman buah, kata Hendri.

(Petrus Kanisius/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini