Ini yang Membuat Orangutan Istimewa

192
Orangutan adalah salah satu kera besar yang sangat dilindungi dan Istimewa. Orangutan juga dikenal sebagai petani hutan. (Foto : Istimewa/ERIK/MONGA.ID).

MONGA.ID-KETAPANG, Orangutan ternyata bisa dikatakan sebagai primata yang istimewa. Istimewa karena ternyata orangutan itu spesial dibandingkan dari primata atau satwa lainnya.

Ada hal-hal mendasar yang membuat orangutan sebagai satwa istimewa, berikut beberapa diantaranya;

Pertama, Tidak hanya karena kemampuannya menjelajah hingga 1 km setiap harinya, orangutan menjadi primata berukuran besar yang bisa mendiami dan bergelantungan diatas pohon. Orangutan jantan ukuran berat tubuhnya 80-90 kg, sedangkan ukuran berat tubuh orangutan betina setengah dari ukuran jantan ( 60-70 kg).

Setiap hari orangutan selalu menjelajah hutan dan mencari dareah/wilayah untuk mencari makanan berupa buah-buah hutan yang mereka sukai. Buah-buah hutan seperti buah punak, durian teratong, nyatoh, kayu ara, nyatoh, manggis dan rambutan hutan, asam hutan, ubah, jantak, langir dan buah mempening. Pada umumnya orangutan memakan semua buah yang ada di hutan.

Ada pun aternatif makanan orangutan, umbut rotan, umbut pandan, rayap, buah liana, kulit batang kayu kempas, jelutung, jehe-jahean hutan dan daun muda.

Berdasarkan hasil penelitian di Stasiun Riset Cabang Panti, Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa); orangutan mengkonsumsi lebih dari 300 jenis tumbuhan yang terdiri dari 60% terdiri dari buah, 20% bunga, 10% daun muda dan kulit kayu serta 10% serangga (seperti rayap).

Kedua, Orangutan bisa beradaptasi dengan kondisi hutan primer dan sekunder. Orangutan setiap hari selalu membuat sarang. Biasanya orangutan bersarang di area hutan yang banyak ketersediaan buah yang merupakan pakan/makanan mereka.

Salah satu alasan orangutan selalu berpindah sarang karena mereka suka menjelajah, mendekati sumber makan dan orangutan dikenal higenis (pembersih) maka mereka selalu membuat sarang baru.

Ketiga, Orangutan termasuk satwa/primata yang cerdas. Orangutan memiliki DNA (deoxyribonucleic acid)  yang mendekati DNA manusia, 97 % DNA orangutan mirip manusia. Orangutan betina mengalami menstruasi dan mengadung 8,5 hingga 9 bulan.

Keempat, yang Paling istimewa dari orangutan adalah sebagai petani hutan. Orangutan dikenal sebagai si petani hutan karena perannya selalu menyemai hingga tumbuhnya tajuk-tajuk pepohonan sebagai keberlanjutan semua nafas kehidupan, tidak terkecuali kita manusia.

Orangutan dikatakan sebagai petani hutan karena tanpa lelah dan tidak pamrih, setiap hari ia selalu menyemai biji-bijian yang nanti disebut tajuk-tajuk pohon (pohon-pohon baru). Tidak bisa disangkal pula orangutan dan hutan sebagai nafas semua makhluk.

Tidak hanya orangutan, ada pula burung enggang atau rangkong. Si Petani hutan (enggang dan orangutan) ternyata berperan penting untuk meregenerasi (membangun kembali) hutan. Dengan kata lain orangutan dan burung enggang memainkan peran penting dalam menyediakan jasa ekosistem bagi hutan dan bentang alam kita.

Kelima, orangutan sebagai spesies payung. Keistimewaan orangutan yang mendiami pulau-pulau di Kalimantan dan Sumatera, jika boleh dikata karena orangutan disebut spesies kunci (key stone species) atau ada pula yang menyebutnya sebagai spesies payung (umbrella species). Apabila orangutan hilang/punah maka tumbuhan/hewan lainnya akan mengikuti pada ekosistem hutan hujan.

Selain itu, orangutan Kalimantan dan Sumatera adalah satwa (primata) yang sangat dilindungi, selain juga merupakan salah satu kera besar di Asia, namun keberadaannya sangat terancam punah di habitatnya saat ini.

Orangutan masuk dalam daftar satwa yang sangat dilindungi (Critically Endangered/CR) menurut UU no. 5 tahun 1990 dan menurut daftar International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) Red List.

Keistimewaan orangutan ini sebagai tanda dan pengingat bagi kita bahwa Yang Kuasa menitipkan kepada kita untuk selalu padu serasi (harmoni) dengan semua makhluk hidup lainnya sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan selamanya. Berharap orangutan sebagai satwa/primata yang istimewa dan sangat dilindungi ini bersama tajuk-tajuk pepohonan (hutan) bisa lestari hingga nanti oleh karena adanya kepedulian dari semua kita. Semoga saja…  

Tulisan : Diolah dari berbagai sumber

Pit

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini