Wow…Ternyata Trenggiling Melahap 200 Ribu Semut Setiap Harinya

53

Banyak data menyebutkan trenggiling memakan atau melahap 200 ribu semut setiap harinya. Jadi, bila setiap harinya Manis javanica (Trenggiling) harus makan 200.000 semut, maka dalam satu tahun dipastikan lebih dari 7 juta semut dimakan.

Semut merupakan makanan pokok dari mamalia yang biasanya aktif di malam hari tersebut. Biasanya si manis atau trenggiling menggunakan lidahnya yang panjang untuk memakan semut. Tidak hanya semut, tetapi juga trenggiling memakan rayap.

Karena semut sebagai makanan pokoknya, hampir dipastikan Si Manis mencari semut di sekitaran hutan yang masih baik. Mengingat, hutan yang baik masih terdapat banyak semut hutan. Demikian pula dengan serangga dan rayap.

Sayangnya saat ini, keberadaan trenggiling di habitat aslinya berupa hutan tropis di Indonesia kian berkurang menyebabkan trenggiling semakin sulit dijumpai saat ini. Hutan Kalimantan ataupun juga di Sumatera dan Jawa, begitu juga mungkin di wilayah lainnya di luar Indonesia yang terdapat hewan ini mengalami nasib yang serupa.

Dari data IUCN (International Union for Conservation of Nature) memasukkan trenggiling dalam daftar sangat terancam punah/kritis di habitatnya (Critically Endangered-CR) dan pemerintah Indonesia menetapkan hewan ini sebagai hewan yang dilindungi oleh Undang-undang No. 5 tahun 1990 Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. Dalam UU tersebut secara jelas melarang siapa untuk memelihara dan memperjualbelikan satwa dilindungi. Bagi yang melanggar ketentuan akan dipidana penjara 5 tahun dan denda 100 juta rupiah.

(Pit/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini