Rayakan Hari Bumi 2022, Ini Rangkaian Kegiatan yang YP dan Para Relawan Lakukan

52
Foto rangkaian kegiatan Hari Bumi 2022 yang dilakukan oleh YP dan para relawan. (Foto : Istimewa/YP/MONGA.ID).

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk peduli pada nasib bumi yang semakin renta ini. Seperti misalnya, beragam kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Palung (YP) bersama dengan Relawan RK-TAJAM, REBONK, Simpang Keramat Kids dan Bentangor Kids mengadakan berbagai kegiatan pada perayaan hari bumi 2022.

Sabtu (23/4/2022), YP bersama Relawan Bentangor untuk Konservasi (REBONK) melakukan kegiatan buka puasa bersama (bukber) dan juga merayakan hari bumi. Sebelumnya 21 April 2022 Yayasan Palung dan juga Relawan REBONK menyebarkan informasi terkait Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April melalui siaran radio di Radio Kayong Utara.

Kita tahu bahwa tema Hari Bumi tahun ini adalah ; “Berinvestasi di Planet (Bumi) Kita”. Adapun informasi yang disampaikan yaitu tentang sejarah lahirnya Hari Bumi, kemudian cara berinvestasi dibumi kita seperti tidak membuang sampah sembarangan, menghemat energi, menyebarkan virus konservasi melalui media sosial, mengajarkan ilmu konservasi kepada anak sejak dini dan juga menanam pohon disekitar rumah. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama pada tanggal 23 April.

Kegiatannya diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian sambutan dari Yayasan Palung dalam hal ini diwakili oleh Widiya Octa Selfiany, selaku manager Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh Ustadz M. Baruzi dengan tema “Keutamaan Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan”.

Adapun beberapa poin yang disampaikan terkait keutamaan di bulan suci ramadhan seperti memperbanyak membaca Al-Qur’an, melaksanakan sholat tarawih, melakukan iktikaf (berdiam diri didalam masjid dalam rangka untuk mencari pahala dari Allah SWT), serta melakukan umrah bagi yang mampu. Selesai penyampaian tausiyah, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama kemudian foto bersama sambil membawa pesan-pesan kampanye terkait hari bumi.

Adapun jumlah peserta kegiatan sekitar 32 orang dengan berbagai angkatan, namun didominasi oleh angkatan 11.

Dihari bumi ini pesan yang ingin saya sampaikan adalah sebarkan ilmu tentang konservasi kepada anak-anak muda sejak dini. Sesuai dengan tema hari bumi tahun ini yaitu berinvestasi diplanet kita. Jika kita ingin mengabdi dengan bumi agar tetap lestari maka kita bangun terlebih dahulu sumber daya manusiannya. Seperti halnya Yayasan Palung membina relawan REBONK untuk menciptakan generasi yang dapat menjaga dan melestarikan lingkungan demi masa sekarang dan masa yang akan datang.

Simpang Keramat Kids melakukan kegiatan Hari Bumi dan Buka Puasa, pada tanggal 13 April 2022 kemarin.

Materi yang disampaikan tentang Hari Bumi. Mengapa ada perayaan hari bumi? Bagimana kondisi bumi yang baik dan kondisi bumi yang sudah rusak? Apa saja penyebab kerusakan bumi? Apa saja yang kita lakukan untuk menjaga bumi? Apa manfaatnya menjaga bumi? Selain itu kami juga memutarkan video-video tentang lingkungan. Di setiap pemutaran satu video diminta peserta untuk menceritakan ulang video yang ditonton, apa saja pesan yang didapatkan dari video tersebut. Cara ini sebagai langkah agar anak usia dini memiliki kecintaan dan kepedulian kepada bumi dan lingkungan.

Sebelumnya pada Kamis 21 April 2022, Bentangor Kids mengadakan serupa seperti yang dilakukan pada kelompok Simpang Keramat Kid, Kegiatan yang disampaikanseperti materi tentang hari bumi, dengan memberikan pengetahuan Mengapa ada perayaan hari bumi? Bagimana kondisi bumi yang baik dan kondisi bumi yang sudah rusak? Apa saja penyebab kerusakan bumi? Apa saja yang kita lakukan untuk menjaga bumi? Apa manfaatnya menjaga bumi? Selain itu kami juga memutarkan video-video tentang lingkungan. Di setiap pemutaran satu video diminta peserta untuk menceritakan ulang video yang ditonton, apa saja pesan yang didapatkan dari video tersebut. Dengan harapan ini sebagai mereka cinta lingkungan dan bumi ini. Setelah materi dilanjutkan dengn buka puasa bersama.

Sebelumnya, pada Rabu (20/4) dalam rangka menyambut hari raya, Desi Kurniawati dari YP dan Hafiah dari Radio RKK Ketapang melakukan siaran Radio, di Radio Kabupaten Ketapang dalam rangka menyambut hari bumi 2022 dengan ajakan untuk peduli pada nasib bumi ini yang semakin renta dengan cara-cara sederhana.

Sementara itu, pada puncak hari bumi (22/4/2022), Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) merayakan hari Bumi 2022 dengan mengangkat tema “Mengambil Langkah Nyata di Bulan Suci dengan Berbagi dan Menghargai Bumi”.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah belajar Ecoprint, pembagian bibit pohon gratis dan Buka puasa bersama. Para relawan melakukan praktek pembuatan ecoprint pada tas kain dengan bahan seperti daun-daun atau bunga. Daun-daun/bunga itu ditumbuk dan nantinya menjadi corak gambar pada tas kain. Pemateri dari Dharmawanita BTNGP Ibu Chaterin dan Ibu Ida. Selanjutnya, RK-TAJAM melakukan pembagian bibit pohon kepada pengguna jalan di ruas jalan di depan Rumah Sakit Agoes Djam. Selanjutnya RK-TAJAM melakukan Bukber di Kantor YP Ketapang.

Penulis : Pit & Riduwan -YP

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini