Patroli Bersama untuk Pengamanan Kawasan Hutan Desa

82
Saat patroli bersama di Hutan Desa Penjalaan, berjumpa dengan sarang orangutan. Foto : Istimewa/Yayasan Palung
Saat patroli bersama di Hutan Desa Penjalaan, berjumpa dengan sarang orangutan. Foto : Istimewa/Yayasan Palung

Pengamanan kawasan hutan desa dapat dilakukan dengan cara patroli bersama. Kegiatan Patroli ini dilakukan oleh Yayasan Palung dan Fauna Flora International-Indonesia Program bersama Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) di dua desa (hutan desa Rantau Panjang dan Penjalaan) Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat.

Patroli Bersama di Kawasan Hutan Desa Rantau Panjang

Patroli bersama pertama dilakukan oleh Yayasan Palung dan Fauna Flora International-Indonesia Program melaksanakan patroli bersama tim SMART Patrol dari LPHD Muara Palung di Hutan Desa Rantau Panjang. Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari (20-24/8/2022).

Yayasan Palung dan Fauna Flora International-Indonesia Program bekerjasama mendampingi tim smart patroli LPHD Muara Palung.

Adapun pelaksanaan patroli ini bertujuan untuk menjaga keamanan kawasan serta mencatat potensi bidiversitas yang ada di dalam hutan desa.

Berjumpa dengan sarang orangutan. (Foto : Istimewa/Yayasan Palung).
Berjumpa dengan kantong semar saat patroli. (Foto : Istimewa/Yayasan Palung).

Selama kegiatan berlangsung, tim patroli dari LPHD Muara Palung terlihat cukup bersemangat mengingat kegiatan ini merupakan patroli perdana bagi mereka.

Kegiatan SMART Patrol seperti ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap bulan oleh tim patroli LPHD Muara Palung.

Patroli Bersama di Kawasan Hutan Desa Penjalaan

Kegiatan patroli kedua dilakukan di dalam kawasan lindung hutan yang juga merupakan kawasan hutan desa Penjalaan Kecamatan Simpang Hilir, Kayong Utara. Kegiatan ini dilakukan selama sembilan hari,  kegiatan patroli ini dimulai pada tanggal 20-28 Agustus 2022.

Pelaksanaan patroli ini dilakukan oleh tim smart patrol LPHD Simpang Keramat di dampingi oleh Yayasan Palung dan disupport oleh Fauna Flora Internasiol-Indonesia Program.

Pada patroli kali ini, kegiatan yang dilakukan seperti melakukan pengamanan kawasan dan monitoring biodiversitas yang ada di kawasan hutan desa Penjalaan.

Ketika melakukan patroli banyak temuan yang dijumpai oleh tim patroli salah satunya orangutan, burung enggang, kelempiau dan dijumpai pula jejak trenggiling.

Selain itu, tim patroli juga menjumpai jerat babi atau rusa yang masih aktif. Jerat yang dijumpai tersebut langsung dimusnahkan oleh tim patrol.

Tim patroli berjumpa dengan jerat pemburu. (Foto : Istimewa/Yayasan Palung).

Keberadaan hutan desa ini merupakan habitat orangutan dan satwa liar lainnya yang dilindungi oleh undang-undang.

Pengamanan kawasan hutan desa sangat perlu dilakukan dan ditingkatkan melalui kegiatan patroli yang lebih insentif lagi.

Patroli seperti ini tentunya sangat perlu dilakukan sebagai langkah, upaya dan pencegahan serta pengamanan kawasan hutan desa dari berbagai gangguan dan ancaman yang ada seperti perburuan dan lain sebagainya.

Kegiatan patroli seperti ini juga sejatinya harus didukung oleh semua pihak. Mengingat, keberadaan hutan merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar satwa liar yang mendiami wilayah hutan desa ini, karena satwa dan tumbuhan juga memberikan manfaat yang sangat besar bagi penghidupan (sumber hidup) umat manusia.

Penulis : Robi Kasianus dan Hendri Gunawan-Yayasan Palung

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini