Apa Saja yang Menarik dari Orangutan?

368
Orangutan. Foto : ISTIMEWA/Simon Tampubolon-YP
Orangutan. Foto : ISTIMEWA/Simon Tampubolon-YP

Kita sering sekali mendengar tentang orangutan dari berbagai media ataupun melihat secara langsung satwa yang saat ini termasuk satwa endemik (langka). Apa sajakah yang menarik dari orangutan tersebut?.

Seperti diketahui, orangutan merupakan salah satu kera besar yang hanya terdapat di wilayah hutan tropis di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Di Kalimantan Orangutan memiliki tiga sub spesies yaitu; Pongo pygmaeus pygmaeus, Pongo Wrumbii yang sebarannya di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan di Kalimantan Timur adalah Pongo pygmaeus Morio. Orangutan di Sumatera adalah Pongo Abelii dan Pongo Tapanuliensis. Sedangkan di luar wilayah Indonesia, orangutan terdapat di Malaysia yaitu di wilayah Sabah; Pongo pygmaeus Morio dan di Sarawak; Pongo pygmaeus pygmaeus.

para ilmuan menyimpulkan bahwa orangutan memiliki 97 % kemiripan genetik dengan manusia.

Umumnya orangutan hidup di hutan primer dan sekunder. Orangutan biasanya hidup di atas pohon dan jarang turun ke tanah (mamalia arboreal).

Habitat Orangutan itu hidup di daerah tropis dataran rendah, rawa dan hutan perbukitan. Orangutan dikenal sebagai petani hutan.

Orangutan bangun dari tidurnya pada pukul 05.00 wib-06.00 wib untuk mencari makanan dan membangun sarang baru setiap hari, biasanya antara pukul 16.00-17.00 wib. Orangutan tidak hidup dalam kelompok, mereka biasanya berjalan sendirian dan jarang bertemu orangutan lain (kecuali untuk induk dan bayinya).

orangutan betina mengandung 8,5 bulan hingga 9 bulan. Rata-rata hanya memiliki tiga keturunan sepanjang hidupnya dan hanya melahirkan satu anak setiap tujuh sampai delapan tahun sekali.

Orangutan merupakan primata yang sangat dilindungi dan terancam punah di alam liar.

Pit-YP

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini