Berjumpa Ular Janji (Ular Tunggu) di Hutan

551
Ular janji/ular tunggu. Foto tangkapan layar dari video ular janji. (Foto: ISTIMEWA/RK/YP).

Beberapa waktu lalu, Robi Kasianus, Staf dari Hutan Desa Yayasan Palung, berkesempatan langka berjumpa sekaligus berhasil mengabadikan video ular janji atau ular tunggu ini saat berada di kawasan Hutan Desa Pemangkat, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Memiliki nama lokal Ular Janji atau Ular Tunggu, nama latin dari ular ini adalah 𝘛𝘳𝘰𝘱𝘪𝘥𝘰𝘭𝘢𝘦𝘮𝘶𝘴 𝘴𝘶𝘣𝘢𝘯𝘯𝘶𝘭𝘢𝘵𝘶𝘴. Ular ini dikenal juga dengan nama Bornean Keeled Green Pit Viper. Habitat hidup dari ular ini di lahan basah dataran rendah, rawa terbukaa atau tertutup, hutan bakau, rawa pesisir, sepanjang pinggiran sungai di hutan, di rawa berkayu, 0-400 m dpl.

Makanan dari ular ini adalah seperti mamalia kecil,kadal, katak, burung. Ular janji/ular tunggu berkembang biak dengan cara bertelur.

Klik untuk Melihat Video : https://www.instagram.com/p/CpuUiW4payo/

Ular ini aktif pada malam dan sore hari, di pohon dan semak. Habitat hidup di Kalimantan dan Sulawesi. Ular ini termasuk jenis ular yang berbisa tinggi.

https://www.iucnredlist.org/species/192241/217770117

Borneo Keeled Green Pit Viper (Tropidolaemus subannulatus) masuk dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN pada tahun 2011. Tropidolaemus subannulatus, terdaftar sebagai Least Concern (LC/resiko rendah).

Video Dokumen : Robi Kasianus, Yayasan Palung

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini