Buah dan Tumbuhan yang Menjadi Pakan (Makanan) Orangutan

507
Buah dan tumbuhan makanan orangutan. Foto: Tim Laman

Hutan sebagai sumber dari segala penyedia dan memberikan manfaat yang tak terkira bagi semua makhluk hidup. Orangutan memakan buah-buahan dan tumbuhan yang berasal dari hutan.

Tidak salah kiranya, apabila hutan disebut sebagai sumber dari semua makhluk hidup sebagai penyedia beragam tumbuhan dan buah untuk sumber pakan (makanan) terutama bagi orangutan.

Berikut ini jenis buah dan tumbuhan yang menjadi makanan orangutan

Adapun jenis buah dan tumbuhan pakan dari orangutan diantaranya adalah Dipterocarpus sublamellatus (keruing), Mangifera pajang (jenis manga hutan), Durio oxleyanus (durian hutan), koompassia excelsa (Kempas), Maasia sumatrana (mempisang), Baccaurea edulis (jenis rambai-rambaian hutan), Gironniera nervosa (ampas tebu/berobak/miang-miang/lempung bulu), Dillenia sp. (simpur), Sindora sp. (Sindur), Aporosa sp. (kayu masam), Baringtonia sp. (Penage/Nyamplung), Alangium sp. (Nyalin) dan Syzygium spp. (Jenis jambu hutan).

Peran kita dan orangutan sama-sama penting bagi keberlanjutan hutan. Kita dan orangutan sudah seharusnya menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan sejak dari dulu harus selalu selaras.

Satu kesatuan yang harus selaras, bukan acuh tak acuh. Kita perlu hutan, dan orangutan perlu kepedulian dari kita semua agar hutan sebagai napas hidup semua makhluk agar boleh berlanjut.  

Sebagai makhluk ciptaan, kita dan orangutan sama-sama memiliki peran yang saling melengkapi satu sama lainnya. Kita sebagai pemilihara, penjaga dan orangutan sebagai pemilihara hutan karena perannya sebagai petani hutan yang tanpa lelah menyemai hingga selama-lamanya. Tajuk-tajuk pepohonan pun sebagai pelindung, akar sebagai penopang sekaligus penampung/penyerap air.

Keadaan lingkungan kita saat ini menjadi penentu. Dengan kata lain apabila kita melakukan konservasi berarti ada harapan keharmonisan kita bersama tumbuhan dan hewan boleh berlanjut hingga nanti. Tentu kita masih ingat keberlanjutan dari nafas hidup tumbuhan dan satwa menjadi sangat penting untuk terus dilakukan. 

Mengingat, beberapa alasan pula semua makhluk, tidak terkecuali manusia saat ini memerlukan tangan-tangan yang peduli jika semua boleh harmoni dan lestari.

Berharap dengan semakin melimpah buah dan tumbuhan di hutan maka akan semakin membantu orangutan untuk terus berkembang biak di alam liar dan berharap semoga mereka bisa selalu menjadi petani hutan yang setia hingga selamanya, dengan demikian hutan pun boleh lestari hingga nanti.

PitYP

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini