Ini 10 Fakta tentang Orangutan

375
Anak orangutan. (Foto : Tim Laman).

Orangutan sebagai primata yang endemik di pulau Borneo dan Sumatera. Keberadaanya saat ini pun sangat dilindungi dan terancam punah. Sudah semestinya menjadi perhatian dari kita semua karena peran pentingnya.

Berikut Ini 10 Fakta tentang Orangutan yang patut untuk kita ketahui sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan;

  1. Orangutan merupakan mamalia/primata/hewan/satwa yang sangat terancam punah di alam liar
  2. Orangutan merupakan primata /hewan/satwa terbesar yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas pohon (arboreal).
  3. Orangutan adalah satwa endemik pulau Borneo dan Sumatera, yang terdiri dari 3 spesies, yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus), Sumatera (Pongo abelii) dan orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis).
  4. Orangutan disebut sebagai petani hutan karena mereka menyebarkan biji dari buah-buahan sisa makanan yang mereka makan, biji-bijian/buah tersebutlah nantinya akan tumbuh menjadi tunas-tunas (pohon) baru.
  5. Orangutan selain dikenal sebagai satwa yang sangat dilindungi, ternyata ia vegetarian dan frugivora lho.  Orangutan sangat suka memakan tumbuh-tumbuhan (vegetarian) dan memakan buah-buahan (frugivora).
  6. Orangutan mengkonsumsi lebih dari 300 jenis tumbuhan yang terdiri dari: 60% terdiri dari buah, 20% bunga, 10% daun muda dan kulit kayu serta 10% serangga (seperti rayap).
  7. Orangutan betina merupakan pengasuh yang baik bagi anaknya. orangutan betina jika ia memiliki anak maka ia akan mengajarkan anaknya untuk mencari makan dan membuat sarang hingga usia anaknya dewasa (umur 6-7) tahun.
  8. Orangutan adalah kera besar yang memiliki hampir 97% DNA yang sama dengan manusia, menjadikan mereka salah satu kerabat terdekat kita.
  9. Setiap hari orangutan selalu membuat sarang. Sama halnya dengan manusia, orangutan juga memiliki rumah. Namun, rumah dari orangutan disebut sarang.
  10. Orangutan disebut spesies kunci (key stone species) atau ada pula yang menyebutnya sebagai spesies payung (umbrella species). Apabila orangutan hilang/punah maka tumbuhan/hewan lainnya akan mengikuti pada ekosistem hutan hujan.

Sumber dari berbagai sumber

(Pit-YP/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini