Memperingati Hari Bumi 2023, Ini yang Yayasan Palung Lakukan Bersama Kelompok Muda dan Komunitas

433
Ilustrasi Hari Bumi

Setiap tahunnya Yayasan Palung (YP) selalu rutin memperingati hari bumi. Tahun ini, YP bersama kelompok muda dan komunitas sudah merencanakan dan akan melakukan serangkaian kegiatan, untuk menyambut sekaligus merayakan hari bumi 2023 dan melakukan kegiatan buka puasa bersama.

Setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi. Sebagian besar masyarakat di dunia memperingati (merayakan) hari bumi sebagai langkah bersama peduli kepada nasib bumi ini.

Sebagai bentuk dari kepedulian Bersama, lahirnya hari bumi yang selalu kita peringati setiap tanggal 22 April sebagai ajakan dan kepedulian kita semua kepada nasib bumi ini. Adapun lahirnya hari bumi atau Earth Day yang kini diperingati setiap tanggal 22 April pertama kali diselenggarakan pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.

Tahun ini, Yayasan Palung (YP) bersama Kelompok Muda dan Komunitas memperingati hari bumi dengan serangkaian kegiatan.

Adapun Serangkaian kegiatan yang YP lakukan dalam rangka memperingati hari bumi yang juga betepatan dengan bulan Ramadhan dengan melakukan serangkaian kegiatan seperti;

Pada, Rabu (12/4/2023) di Ketapang, Rangkaian Hari Bumi dilakukan oleh YP bersama Kelompok Muda RK-TAJAM (Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam) melakukan kegiatan Orientasi bagi anggota baru, yang diisi dengan penyampaian materi terkait materi tentang hari bumi seperti materi; Yom Peduli bumi. Selanjutnya juga disampaikan informasi tentang Pengenalan tentang RK-TAJAM dan Yayasan Palung. Kegiatan ini akan dilakukan pada pukul 15.00 -17.00 WIB di Kantor Yayasan Palung Ketapang.

Selanjutnya, pada Kamis (13/4/2023) Yayasan Palung Bersama dengan Kelompok muda RK-TAJAM akan melakukan kegiatan Penanaman dalam Rangka Hari Bumi dan Mendukung Program Pemerintah Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon. Rencananya akan dilakukan penanaman 100 bibit pinang di lokasi Jalan Karya Tani (di dekat SMPN 5) Ketapang, Kegiatan penaman pohon diadakan pukul 15.00 WIB sampai selesai. Setelah penanaman pohon, kegiatan akan dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama (Bukber) “Ramah tamah RK-TAJAM Angkatan 1-12”.

Sedangkan di Kayong Utara, Dalam rangka memperingati Hari Bumi 2023 yang bertepatan di bulan ramadhan, Yayasan Palung akan mengajak Bentangor Kids untuk melakukan praktek pemanfaatan barang bekas sekaligus mengadakan buka puasa bersama di akhir kegiatan. Kegiatan akan diadakan pada Kamis (13/4/2023), di Pusat Pendidikan Lingkungan “Bentangor” Yayasan Palung, Desa Pampang Harapan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.  Kegiatan akan dilksanakan pada pukul 14.30 – 19.30 WIB

Kelompok muda atau komunitas Simpang Keramat Kids akan mengadakan serangkaian kegiatan Hari Bumi 2023 rencananya akan melakukan praktek pemanfaatan barang bekas sekaligus mengadakan buka puasa bersama di akhir kegiatan. Kegiatan ini akan dilakukan pada Jumat, 14 April 2023, pukul 14.00-19.00 WIB. Kegiatan ini akan diadakan di sekitar Hutan Desa Simpang Keramat, Penjalaan, Simpang Hilir.

Sedangkan Kelompok muda REBONK (RElawan BentangOr uNtuk Konservasi) akan memperingati hari Bumi dengan serangkaian penyampaian materi tentang hari Bumi dan Kesetaraan Gender kepada semua REBONK. Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa Bersama, kegiatan ini akan diadakan pada Sabtu (15/4/2023) di Pusat Pendidikan Lingkungan “Bentangor” Yayasan Palung, Desa Pampang Harapan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

(Pit-YP/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini