Induk dan anak Orangutan Terekam Kamera Trap di Kawasan Hutan Desa Nipah Kuning

529
Induk dan anak Orangutan terekam Kamera Trap di Kawasan Hutan Desa Nipah Kuning. Foto : capture dari video. (Foto dok : Kamera trap Tim Hutan Desa Yayasan Palung).

MONGA.ID-Kayong Utara,Tidak mudah untuk mendapatkan rekaman yang memperlihatkan momen orangutan turun ke bumi (turun ke tanah). Sungguh luar biasanya lagi, kamera Trap Tim Smart Patrol Yayasan Palung (YP) beberapa bulan lalu, di Kawasan Hutan Desa (LPHD) Nipah Kuning, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara berhasil merekam induk dan anak orangutan.

Sebagai informasi, Hutan Desa Nipah Kuning, jumlah luasannya adalah 2.051 hektare. Ragam tumbuhan dan satwa masih banyak terdapat di wilayah itu.

Ada hal yang menarik dari ibu dan anak orangutan. Jika boleh dikata, ibu orangutan merupakan  pengasuh yang baik bagi anaknya.

Klik link untuk melihat video : https://www.instagram.com/p/Cz7wzLxsGum/

Kasih sayang seorang ibu begitu besar bagi anaknya. Tidak terkecuali ibu orangutan yang juga memberikan kasih sayang kepada anaknya.

Berikut tujuh (7) keistimewaan induk (ibu) orangutan bagi anaknya:

  1. Induk orangutan mengandung anaknya, hampir sama dengan manusia. orangutan mengandung anaknya 8 hingga 8,5 bulan.
  2. Induk orangutan mengalami masa menstruasi sama halnya seperti manusia.
  3. Induk orangutan selalu bersama anaknya hingga anaknya dewasa. Ibu orangutan selalu mengajari anaknya bagaimana mencari makan dan membuat sarang. Induk orangutan selalu bersama anaknya dari bayi hingga usianya 8-9 tahun. Bayi orangutan sulit mandiri apabila Ia hidup tanpa ibunya.
  4. Sedangkan jarak waktu melahirkan bayi paling lama di antara semua mamalia.
  5. Rata-rata induk orangutan hanya memiliki dua atau tiga keturunan sepanjang hidupnya dan hanya melahirkan satu anak setiap tujuh sampai delapan tahun sekali.
  6. Induk orangutan dan anaknya selalu menghabiskan waktu untuk bermain dan menjelajahi hutan.
  7. Induk orangutan dan anaknya hidup dalam satu sarang, kecuali ketika anaknya sudah dewasa. Bila menjelang dewasa, maka ia akan hidup mandiri.

Video 🎥: Kamera trap Tim Hutan Desa Yayasan Palung

Tulisan diolah dari berbagai sumber

(Pit-YP/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini