Ini Rangkaian Kegiatan yang Yayasan Palung Lakukan dalam Rangka Pekan Peduli Orangutan 2023

313
Orangutan. Foto dok. Tim Laman

Mengapa Kita Penting Merayakan Pekan Peduli Orangutan (PPO)? Setiap tahun di bulan November, penduduk dunia selalu merayakan Pekan Peduli Orangutan (Orangutan Caring Week). Lalu, apa pentingnya kita merayakan Pekan Peduli Orangutan?

Pekan Peduli Orangutan (PPO) merupakan salah satu kegiatan rutin yang disebut juga dengan spesial event (kegiatan khusus) setiap tahunnya. Kegiatan Pekan Peduli Orangutan sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada nasib satwa (primata) yang sangat dilindungi dan terancam punah yaitu orangutan. Setiap tahunnya kegiatan PPO dilaksanakan pada awal atau medio November selama sepekan.

Sebagai lembaga konservasi yang memiliki kepedulian kepada nasib orangutan dan habitatnya, Yayasan Palung (YP) secara rutin menggelar (merayakan) kegiatan PPO setiap tahunnya.

Tahun ini, YP rencananya akan menggelar serangkaian kegiatan PPO selama sepekan (12-18 November 2023) yang dipusatkan di Desa Pulau Kumbang dan beberapa desa lainnya seperti di Pemangkat dan Padu Banjar, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Tema PPO tahun ini adalah; “Leveraging AI to Protect Orangutans and Global Diversity” (Memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) untuk melindungi Orangutan dan Keanekaragaman Hayati Global).

Dalam merayakan PPO 2023, rencananya YP akan melakukan serangkaian kegiatan di Wilayah Hutan Desa di Desa Pulau Kumbang dan beberapa desa lainnya, seperti di Pemangkat dan Padu Banjar.

Serangkaian kegiatan yang rencananya akan dilakukan oleh Yayasan Palung dalam rangka merayakan PPO diantaranya seperti:

  • Minggu (12/11/2023), melakukan penanaman 200 pohon (rehabilitasi lahan) di lokasi 1 hamparan lahan di desa Pulau Kumbang. Dalam kegiatan ini, YP akan melibatkan beberapa pihak seperti Karang Taruna, LPHD, Pemerintah Desa dan Sekolah. Kegiatan ini juga sekaligus pembukaan kegiatan PPO 2023.
  • Minggu (12/11/2023), Program Hutan Desa rencana akan Menerbangkan drone Termal di lokasi Hutan Desa Padu Banjar & Pemangkat.
  • Minggu (12/11/2023), melakukan penanaman 300 bibit di lahan eks kebakaran desa Padu Banjar. Kegiatan ini YP melibatkan LPHD dan PemDes Padu Banjar.
  • Senin (13/11/2023), Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) YP mengadakan Pelatihan PLTB (Pengelolaan Lahan Tanpa Bakar), kegiatan ini rencananya melibatkan partisipan Petani Pulau Kumbang. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pulau Kumbang.
  • Senin-Selasa (13-14/11/2023), Program Penyelamatan Satwa dan Program Hutan Desa akan mengadakan Pelatihan Identifikasi Flora. Adapun peserta yang diundang dalam kegiatan tersebut perwakilan tim patroli Hutan Desa. Pada hari kedua, Selasa (14/11) Pagi, akan mengadakan kegiatan Sosialisasi Ramah Satwa. Sebagai narasumber adalah dari BKSDA SKW 1 Ketapang. Rencananya, kegiatan ini akan diadakan di Kantor KPH Kayong, Resort Pemangkat. Pada sore hari, kegiatan dilanjutkan dengan berjalan menuju kediaman yang diduga pemburu untuk sosialisasi langsung kerumah dan memberikan pesan kampanye.
  • Selasa (14/11/2023), Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) YP akan mengadakan Lomba Menganyam melibatkan sekolah tingkat SMP dan SMA, kegiatan ini rencananya akan diadakan di Di Gedung serbaguna Pulau Kumbang.
  • Senin (13/11/2023), Program Pendidikan Lingkungan dan Kampanye Kesadaran Konservasi Yayasan Palung akan mengadakan kegiatan Puppet show (pertunjukan boneka) di SDN 15 Pulau Kumbang.
  • Selasa (14/11/2023), Program PL akan mengadakan Lomba Menggambar (Kelas 3,4), Mewarnai (TK dan Kelas 1,2), dan Tes Pengetahuan Umum (Kelas 5,6) di SDN 14 Pulau Kumbang dan TK YA-BUNAYYA. Kegiatan ini rencananya akan dibuka oleh Dinas Pendidikan KKU.
  • Rabu (15/11/2023), Program PL juga akan mengadakan Lecture (ceramah lingkungan) di SMP PGRI di Pulau Kumbang.
  • Pada Kamis-Sabtu (16 -18/11/2023), jika memungkinkan program PL akan mengadakan Kegiatan Fieldtrip, akan tetapi dikoordinasikan terlebih dahulu. Alternatif kegiatan apabila kegiatan Fieldtrip tidak terlaksana maka akan diganti dengan kegiatan Puppet show dan lecture di sekolah.

Berharap semua rangkaian kegiatan Pekan Peduli Orangutan 2023 ini berjalan sesuai dengan rencana.

(Pit/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini