Berjumpa dengan Orangutan saat Patroli di Kawasan Hutan Desa

198
Orangutan jantan yang berhasil dijumpai saat melakukan patroli di kawasan hutan desa Rantau Panjang. (Foto :Tim Smart Patrol LPHD Rantau Panjang).

Berjumpa dengan orangutan, sarang orangutan dan temuan lainnya ketika Tim Smart Patrol melakukan kegiatan patroli di beberapa Kawasan Hutan Desa, diantaranya di Penjalaan dan Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Hilir, Pada bulan November hingga Desember 2023.

Robi Kasianus, selaku Field Officer Program Hutan Desa Yayasan Palung, mengatakan, Kegiatan Patroli di Kawasan hutan desa Penjalaan dan Rantau Panjang dengan melakukan monitoring Kawasan dari gangguan aktivitas illegal.

Selain itu, kegiatan patroli seperti ini dilakukan untuk mencatat potensi bidiversitas yang ada di dalam hutan desa, kata Robi.

Di Kawasan Hutan Desa Penjalaan, misalnya, tim smart patrol menemukan aktivitas illegal berupa jerat satwa. Setidaknya ada 3 jerat satwa yang berhasil dijumpai saat melakukan patroli di Kawasan hutan desa tersebut.  Selanjutnya, tim smart patrol langsung memusnahkan jerat-jerat satwa yang mereka jumpai di kawasan hutan desa tersebut. Diduga, jerat tersebut adalah jerat babi dan jerat rusa.

Tim smart patrol memusnahkan jerat satwa saat melakukan patroli. (Foto :Tim Smart Patrol LPHD Rantau Panjang).

Saat melakukan patroli, tim smart patrol sangat beruntung, beruntungnya mereka karena bisa berjumpa dengan sarang orangutan. Setidaknya ada 13 sarang orangutan yang mereka jumpai di kawasan hutan desa tersebut.

Selanjutnya, ketika melakukan patroli di Kawasan Hutan Desa Rantau Panjang, tim smart patrol berhasil berjumpa dengan satu individu orangutan jantan sedang makan buah-buahan hutan. Selain itu, tim smart patrol berjumpa dengan  sarang orangutan 24 sarang, monyet ekor panjang dan cakar beruang. 

Kegiatan SMART Patrol seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan oleh tim patroli binaan Yayasan Palung di beberapa wilayah hutan desa.

Yayasan Palung dan F&F Nature Together bekerjasama mendampingi tim smart patroli ketika melakukan patroli di Kawasan Hutan Desa Penjalaan dan Rantau Panjang.

Foto dan Video: Tim Smart Patrol LPHD Rantau Panjang

Penulis: Pit

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini