Mulai Minggu, umat Katolik di Paroki Katedral Santa Gemma Galgani Keuskupan Ketapang Misa via live streaming

1109
Mulai Minggu, umat Katolik di Paroki Katedral Santa Gemma Galgani Keuskupan Ketapang Misa via live streaming. Foto dok : IST/KOMSOS KATEDRAL ST. GEMMA GALGANI KEUSKUPAN KETAPANG.

Selamat Siang Bapak, Ibu, adik-adik dan teman-teman Semua,  sekarang Paroki Katedral Santa Gemma Galgani, Keuskupan Ketapang akan melaksanakan misa mulai hari  Minggu (29/3) besok, di Katedral Keuskupan Ketapang, tetapi secara online (via live streaming).

Adapun alamat  channel youtube Katedral Santa Gemma Galgani, Keuskupan Ketapang adalah :
https://www.youtube.com/channel/UC370cQSUrQi26K_gWGWnC_A , dan Jangan lupa untuk klik Subscribe dan aktifkan tanda lonceng ya. Ayo beramai-ramai ikuti misa secara live streaming bersama keluarga dirumah. Sebarkan keseluruh umat Keuskupan Ketapang.

Untuk Perayaan Hari Minggu Prapaskah V, Minggu, 29 Maret 2020 paroki menyediakan 2 kemungkinan menjalankannya di rumah, yakni:

1. Mengikuti Misa secara live-streaming pada handphone atau laptop pada pkl.08.00 wib dan pkl.17.00 wib disiarkan dr Katedral. Adapun link kanal youtube  https://www.youtube.com/channel/UC370cQSUrQi26K_gWGWnC_A  

2. Beribadah pribadi dengan mengikuti teks di bawah ini:

Bagi umat yang tidak dapat mengikuti Misa secara live streaming

IBADAT SABDA PRIBADI HARI MINGGU PRAPASKAH V

Minggu, 29 Maret 2020

Tanda Salib

Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amen

Hening sejenak dan doa Tobat

Saya mengaku kepada Allah yang Mahakuasa dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sunggung berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada Saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.

Tuhan, kasihanilah kami (2x). Kristus, kasihanilah kami (2x). Tuhan, kasihanilah kami (2x)

Ya Allah yang mahakuasa berkenanlah mengasihani aku, mengampuni dosa-dosaku dan mengantarku ke hidup yang kekal.

Doa Pembuka

Tuhan dan Allah kami, PutraMu telah menyerahkan diriNya sampai wafat karena kasihNya kepada kami. Kami mohon, semoga berkat bantuanMu, kami hidup dan bertindak penuh semangat dalam kasih yang sama. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, PutraMu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Afmin.

Merenungkan Sabda: Injil Yohanes 11:  Lazarus dibangkitkan

Ketika Lazarus jatuh sakit, kedua saudaranya, Maria dan Marta mengirim kabar kepada Yesus,”Tuhan, dia yang Engkau kasihi sakit.” Mendengar kabar itu Yesus berkata,”Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan. Yesus memang mengasihi Marta, kakaknya dan Lazarus.  Ia berkata kepada murid-muridNya,”Mari kita kembali ke Yudea.” Ketika Yesus tiba di Betania didapatinya Lazarus telah empat hari terbaring di dalam kubur. Ketika Marta mendengar bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkanNya. Kata Marta kepada Yesus,”Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak akan mati. Tetapi, sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepadaMu segala sesuatu yang Engkau minta kepadaNya. Kata Yesus kepada Marta,”Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman.”Jawab Yesus,”Akulah kebangkitan dan hidup. Barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun sudah mati; dan setiap orang yang hidup dan percaya kepadaKu, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?” Jawab Marta,”Ya Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, yang akan datang ke dalam dunia.” Kemudian ketika melihat Maria menangis, Yesus sangat terharu dan berkata,”Di manakah dia kamu baringkan?” Jawab mereka,”Tuhan, marilah dan lihatlah!” Maka menangislah Yesus. Lalu Ia pergi ke kubur itu. Kubur itu adalah sebuah gua yang ditutup dengan batu. Kata Yesus,”Angkatlah batu itu.” Maka, mereka mengangkat batu itu. Lalu berserulah Yesus dengan suara keras,”Lazarus, marilah keluar!” Orang yang telah mati itu keluar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kafan, dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus,”Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.”Banyak di antara orang-orang Yahudi yang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepadaNya. Demikianlah Injil Tuhan.

Syahadat

Aku percaya akan Allah, Bapa Yang Mahakuasa, Pencipta langit dan bumi. Dan akan Yesus Kristus, PuteraNya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria; yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, wafat dan dimakamkan; yang turun ke tempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati; yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Bapa yang mahakuasa; dari situ Ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati. Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.

Doa Umat

Allah Bapa Pemelihara, kami bersyukur atas iman akan Yesus Kristus yang Engkau tanamkan dalam diri kami. Engkau telah mengutusNya untuk menyembuhkan orang-orang sakit semasa Ia hidupNya.

Lihatlah dengan tatapan kasihMu, kami dan semua warga dunia yang sedang menghadapi wabah virus Corona. Lindungilah kami senantiasa, seluruh umatMu di Keuskupan Ketapang, seluruh rakyat Indonesia dan seluruh warga dunia agar segera terbebas dari wabah ini.

Anugerahkanlah kesembuhan bagi semua yang terjangkit. Berilah istirahat kekal kepada mereka yang berpulang dalam damaiMu dan hiburlah mereka yang ditinggalkan.

Dekaplah dalam kasihMu, ya Bapa, para tenaga medis, dokter, perawat, seluruh petugas kesehatan, peneliti bidang kesehatan, para saudara yang merawat pasien agar mereka tegar  dan tenang dalam upaya mereka membantu para pasien virus Corona. Jagalah mereka dan seluruh keluarganya agar tetap sehat dan aman senantiasa.

Tuntunlah para pemimpin bangsa-bangsa agar mampu mengambil langkah-langkah yang tepat dan bijaksana. Semoga mereka berhasil melibatkan seluruh warga masyarakat untuk bersatu padu mencegah penularan virus Corona.

Tuntunlah para gembala kami, agar dapat memimpin umatMu dengan Roh Kebijaksanaan dan menuntun umatMu keluar dari wabah ini dengan berserah diri kepada penyelenggaraanMu.

Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persekutuan dengan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa. Amin.

Santa Gemma Galgani, doakanlah kami.

Doa Bapa Kami untuk persiapan Komuni Batin

Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah namaMu. Datanglah kerajaanMu. Jadilah kehendakMu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

Doa Komuni Batin

Yesusku, aku percaya, Engkau sungguh hadir dalam Sakramen Mahakudus. Aku mencintaiMu lebih dari segalanya. Aku merindukan kehadiranMu dalam jiwaku. Karena sekarang aku tak dapat menyambutMu dalam Sakramen Ekaristi, datanglah secara rohani ke dalam hatiku. Biarkan aku memelukMu dan mempersatukan diriku sepenuhnya kepadaMu dan janganlah pisahkan aku daripadaMu. Amen.

Doa Penutup

Ya Allah, sumber kehidupan yang sejati, karena kehadiran Yesus Kristus. Kami mohon semoga Ia sungguh menguatkan dan memenangkan kami dalam peperangan kami melawan virus Corona ini. Sebab, Dialah Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

Tanda Salib Penutup: Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Misa dalam Pekan Suci Paskah 2020 dan  informasi dari Keuskupan juga akan disiarkan langsung melalui live streaming. Nanti untuk pekan suci, juga ada teks untuk yang doa pribadi tanpa live streaming seperti diatas.

Salam KOMSOS KATEDRAL SANTA GEMMA GALGANI KEUSKUPAN KETAPANG.

MONGA/Dwi Za Bagastia

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini