Memanfaatkan Lahan Kosong untuk Bercocok Tanam

122
Kelompok Rintis Betunas di Jemik, Pal 9 Desa Riam Berasap Jaya, Kabupaten Kayong Utara, Senin (8/2) pagi. Foto : YP/MONGA.ID

MONGA.ID-KKU, Senin (8/2/2021) pagi, Kelompok Rintis Betunas di Jemik, Pal 9 Desa Riam Berasap Jaya, Kabupaten Kayong Utara melakukan gotong royong membersihkan lahan kosong yang rencananya nanti akan digunakan untuk bercocok tanam.

Ranti Naruri, selaku Manager Program Suistainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung mengatakan, “Rencananya kelompok Rintis Betunas akan memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk bercocok tanam berupa tanaman jagung dan akan diselingi dengan tanaman sayur mayur seperti Daun katuk (cangkok) dan cabai”.

Adapun luas lahan yang nantinya akan mereka gunakan untuk bercocok tanam tersebut adalah 1 hektare, kata Ranti.

Seperti diketahui, Kelompok Tani Rintis Betunas di Jemik Desa Riam Berasap Jaya, Kabupaten Kayong Utara merupakan kelompok binaan Program Suistainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung.

Kelompok Tani Rintis Betunas dibentuk pada bulan Oktober tahun lalu, mereka beranggotakan 10 orang.

Lebih lanjut, Ranti sapaan sehari-harinya mengatakan, nanti kelompok Rintis Betunas akan memulai menanam jagung dan sayur mayur pada akhir bulan ini (akhir Februari).

Berharap, kelompok tani Rintis Betunas ini nantinya bisa berhasil bercocok tanam dengan memanfaat lahan kosong yang ada disekitar mereka.

MONGA/Pit

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini