Mengintip Rangkaian Kegiatan Orientasi Calon Anggota RK-TAJAM Angkatan ke-10

992
12 orang calon anggota baru RK-Tajam yang mengikuti kegiatan orientasi. Mereka berasal dari beberapa sekolah SMA dan SMP yang ada di Ketapang. Foto : IST/ Haning/YP/MONGA.ID.

MONGA.ID-KETAPANG, Pada Sabtu-Minggu (6-7 Februari 2021) kemarin, Diadakan serangkaian kegiatan orientasi calon anggota baru RK-TAJAM (Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam) Angkatan ke-10.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (6-7 Februari 2021) di dua tempat. Hari pertama kegiatan, pada Sabtu (6/2/2021) kemarin, kegiatan dilaksanakan di Kantor Yayasan Palung Ketapang.

Kegiatan orientasi ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti; pembukaan dan perkenalan, pohon harapan. Peserta calon anggota RK-Tajam juga diberikan materi tentang keorganisasian dan kepemimpinan, kerelawanan (RK-TAJAM), konservasi, kampanye dan praktek dan diskusi tentang lingkungan. Sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah senior dari RK-TAJAM (Sola dan Bambang) dan dari Yayasan Palung adalah (Yandhi, Haning dan Pit).

Kegiatan hari kedua kegiatan, pada Minggu (7/2/2021) kemarin dilaksanakan di Pantai Tanjung Belandang. Kegiatan diisi dengan game (permainan) yang melatih kepamampuan kepemimpinan, kekompakan, kepercayaan dan konservasi. Serta pembahasan isu lingkunga yang terjadi disekitarnya serta solusi yang bisa dilakukan baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota RK-TAJAM.

Pada orientasi itu, setidaknya ada 12 calon anggota baru RK-Tajam yang mengikuti kegiatan orientasi. Mereka berasal dari beberapa sekolah SMA dan SMP yang ada di Ketapang. Dalam kegiatan orientasi anggota baru RK-TAJAM ini hadir pula oleh para anggota RK-TAJAM angkatan ke-3 dan angkatan ke-8 sekaligus sebagai panitia dalam kegiatan orientasi calon anggota baru RK-TAJAM angkatan ke-10.

Haning Pertiwi, Sebagai Pembina Relawan Konservasi Tajam, mengatakan, “Kegiatan orientasi ini adalah awal dari proses bergabungnya anak muda yang memiliki minat konservasi alam dan kerelawanan, dari tahun ketahun anggota relawan konservasi tajam terus bertambah, harapannya akan semakin banyak generasi muda yang sangat peduli dengan kelestarian alam”.

Nantinya, setelah diadakan orientasi, selanjutnya calon anggota RK-TAJAM angkatan ke-10 ini akan dilantik secara resmi menjadi menjadi anggota RK-TAJAM angkatan ke-10.

Seperti diketahui, RK-TAJAM merupakan relawan muda binaan Yayasan Palung yang ada di Kabupaten Ketapang. Pada mulanya Relawan Konservasi TAJAM dibentuk oleh 39 Generasi Muda Ketapang, pada 30 Maret 2010 di Ketapang.

Kegiatan orientasi anggota baru RK-TAJAM (Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam) Angkatan ke-10 berjalan baik dan sesuai dengan rencana.

(MONGA.ID/Pit)

MONGA.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini