Pemuda Katolik Komcab Ketapang Salurkan Bantuan untuk Korban Topan Seroja NTT

301
Pemuda Katolik Komcab Flotim saat menyalurkan bantuan untuk Korban Topan Seroja Nusa Tenggara Timur (NTT).(Foto : ISTIMEWA/ F. Tukan).


MONGA.ID-KETAPANG, Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat ikut berperan menjadi penyalur bantuan dari donatur untuk Korban Topan Seroja Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komcab Pemuda Katolik Kabupaten Ketapang, Budi Mateus, S.Pd.,M.Si dalam hal ini, telah mengajak para pihak khususnya di wilayah Kabupaten Ketapang untuk menyisihkan rejeki guna membantu sahabat-sahabat di NTT.

Selain itu, tim pengumpulan donasi Pemuda Katolik Ketapang saudari Leni saat dihubungi monga.id  menjelaskan bahwa donasi sudah terkumpul ke Pemuda Katolik Ketapang. Namun, ada juga donatur yang langsung mentransfer ke rekening dari Pemuda Katolik Komcab Flotim.

“Pemuda Katolik Ketapang sudah siap menyalurkan bantuan yang akan kita transfer ke rekening Pemuda Katolik Komcab Flotim di NTT hari ini (14/4)”, terang Leni.

Dihubungi terpisah, Pemuda Katolik Komcab Flores Timur (Flotim) yang menjadi penyalur bantuan di NTT menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur di Kabupaten Ketapang.

“PK KOMCAB FLOTIM sangat-sangat berterimakasih atas uluran tangan para donatur di Ketapang – Kalimantan Barat yang disalurkan melalui PK KOMCAB Ketapang. Donasi ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak serta memperlancar operasional penyaluran donasi ke Pulau Adonara”, ucap Frano Tukan, selaku Pengurus Pemuda Katolik Komcab Flotim.

Kemudian, Frano Tukan selaku anggota Pemuda Katolik Komcab Flotim menjelaskan bahwa, sebagian besar konsentrasi pengungsian dan penyaluran donasi terjadi di Pulau Adonara, dimana dari Ibu Kota Kabupaten, harus menyeberangi selat dan menggunakan kendaraan seperti Dumb Truck atau Pick Up (tergantung jumlah barang yang disalurkan), dan menempuh perjalanan 3-5 jam, melewati jalan alternatif (karena beberapa titik di akses jalan utama putus akibat banjir) untuk sampai ke lokasi bencana dan posko pengungsian.

Pemuda Katolik Komcab Flotim saat menyalurkan bantuan untuk
Korban Topan Seroja Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto : (ISTIMEWA/F. Tukan).

Lebih lanjut Frano Tukan mengatakan, hingga berita ini dimuat, para korban masih memerlukan beberapa kebutuhan dasar.

“Perlengkapan MCK, pakaian dalam untuk dewasa, kebutuhan balita seperti pampers dan susu, penambahan alat masak di Posko semisal Kompor, Panci serta kuali (wajan), profil tank untuk menampung air bersih, alas tidur, sayur mayur dan sembako, alat tulis untuk anak-anak, buku gambar, pencil warna dan crayon. Selain itu juga pendampingan untuk Trauma Healing“, pungkas Tukan.

Pemuda Katolik Komcab Flotim saat menyalurkan bantuan
untuk Korban Topan Seroja Nusa Tenggara Timur (NTT) Foto : (ISTIMEWA/F. Tukan)

Bantuan yang disalurkan oleh Pemuda Katolik Komcab Ketapang merupakan donasi dari para pihak yang mengumpulkan melalui Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Ketapang. Adapun jumlah yang ditransfer ke rekening Pemuda Katolik Komcab Flotim sejumlah Rp. 10.950.000,-.

“Kami berterima kasih kepada para donatur yang telah menyisihkan rejeki untuk membantu sahabat kita di NTT, semoga bantuan ini bisa bermanfaat”, tutup Bagas, anggota Pemuda Katolik Komcab Ketapang.

(MONGA.ID/Dwi Za Bagastia)

MONGA.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini