Memperkuat Jejaring dengan Para Pihak untuk Penyelamatan Orangutan di Sekitar Kawasan TANAGUPA

670
Saat menyampaikan sosialisasi tentang satwa liar dilindungi, khususnya orangutan, (14-15/7/2021) kemarin. (Foto Istimewa/YP)

Memperkuat Jejaring dengan Para Pihak untuk Penyelamatan Orangutan di Sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendukung kegiatan konservasi.

Seperti misalnya di dua desa kebupaten Kayong Utara, desa Penjalaan dan Desa Riam Berasap Jaya, yang pada (14-15/7/ 2021) lalu diadakan kegiatan roadshow.

Pada hari Pertama rangkaian kegiatan Roadshow dilaksanakan di Dusun Rangkap, Desa Penjalaan dan pada hari kedua kegiatan Roadshow diselenggarakan di Desa Riam Berasap Jaya.

Kegiatan Roadshow ini merupakan realisasi dari perjanjian kerjasama antara Yayasan Palung dengan Balai Taman Nasional Gunung Palung. Dalam kegiatan Roadshow ini juga mengundang BKSDA Kalimantan Barat (SKW I Ketapang) dan Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI).

Saat menyampaikan sosialisasi tentang satwa liar dilindungi, khususnya orangutan, (14-15/7/2021) kemarin. Foto : (Istimewa/YP)

Adapun dalam serangkaian Roadshow tersebut beberapa materi sosialisasi yang disampaikan antara lain seperti; Taman Nasional Gunung Palung sebagai habitat Orangutan (materi disampaikan oleh pihak TANAGUPA), orangutan dan makanannya (disampaikan oleh Yayasan Palung), interaksi manusia dan orangutan (disampaikan oleh YIARI), dan regulasi satwa liar (disampaikan oleh BKSDA).

Adapun materi tersebut disampaikan kepada sekitar 20 orang perwakilan masyarakat yang ada di masing-masing desa tersebut.

Saat menyampaikan sosialisasi tentang satwa liar dilindungi, khususnya orangutan, (14-15/7/2021) kemarin. Foto : (Istimewa/YP)

Selain penyampaian materi, juga dilakukan pemasangan baliho kampanye tentang satwa liar dilindungi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Pemasangan baliho tentang satwa liar di lindungi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. (Foto :Istimewa/YP).

Manager Animal and Habitat Protection Yayasan Palung, Erik Sulidra, mengatakan, Roadshow ini selain bertujuan untuk menambah pengetahuan dan kesadaran orang tentang orangutan sebagai satwa dilindungi, juga sebagai usaha untuk menambah jejaring penyelamatan orangutan dan satwa liar dilindungi lainnya.

Semua rangkaian kegiatan Roadshow dilaksanakan tersebut berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan baik dari semua perserta yang ikut hadir dalam kegiatan.

(MONGA.ID/Petrus Kanisius)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini