Merayakan PPO 2021, Ini yang YP Lakukan Bersama Para Relawan dan Komunitas

34
Merayakan PPO 2021 YP bersama para relawan dan komunitas melakukan ragam kegiatan diantaranya penaman pohon, kampanye penyadartahuan dan webinar. (Foto : Yayasan Palung).

Pekan Peduli Orangutan (PPO) merupakan salah satu kegiatan rutin yang disebut juga dengan spesial event (kegiatan khusus) setiap tahunnya. Kegiatan Pekan Peduli Orangutan sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada nasib satwa (primata) yang dilindungi dan sangat terancam punah yaitu orangutan.

Setiap tahunnya Yayasan Palung selalu melakukan (merayakan) PPO. Tahun ini kegiatan PPO dilaksanakan pada minggu kedua bulan November, tahun ini kegiatan ini mulai tanggal 7 November 2021 dengan puncaknya tanggal 13 November 2021. Tema yang diangkat adalah “Menghormati alam untuk menyelamatkan orangutan, keanekaragaman hayati dan masa depan kita bersama”.

Yayasan Palung sebagai lembaga yang bergerak dibidang konservasi hutan dan orangutan di Kalimantan setiap tahunnya selalu mengadakan serangkaian kegiatan untuk merayakan PPO bersama dengan para relawan muda seperti RK-TAJAM ( @rk_tajam ) , REBONK (@rebonk_yp ) dan WBOCS ( @wbocs_update ) serta pihak sekolah.

PPO 2021 juga dirayakan oleh Yayasan Palung di SMPN 9 Ketapang. Beberapa rangkaian kegiatan antara lain mengajak siswa-siswi di sekolah tersebut untuk memahami tentang manfaat orangutan dan hutan. Selain itu juga mengajak siswa-siswi mengenal dan mengidentifikasi jenis tumbuhan yang ada di sekitar sekolah. Rencana awal kami akan melakukan fieldtrip di hutan Kota Ketapang tetapi kami batalkan karena cuaca buruk (hujan yang sangat lebat).

Di Kabupaten Ketapang, RK-TAJAM misalnya pada Sabtu (13/11/2021) kemarin, saat merayakan PPO dengan berbagai kegiatan  diantaranya seperti Pertunjukan boneka orangutan, Mewarnai dan membuat Sablon dan Bagi ToteBag Gratis.

https://www.instagram.com/p/CWXhZgug3Gp

https://www.instagram.com/p/CWXhdtNgcGD

https://www.instagram.com/p/CWXhiORgq-q

Selain itu, serangkaian kegiatan seperti kampanye penyadartahuan ke anak sekolah dan masyarakat serta penanaman pohon.

Pada PPO kali ini juga diadakan Webinar/kuliah daring dengan materi tentang orangutan dan beberapa kegiatan lainnya dilakukan pada tanggal 12 November lalu.

Sebagai pemateri dalam webinar dalam rangka PPO tersebut adalah Siti Roqayah, S.Si dari Taman Nasional Gunung Palung. Pemateri kedua Ahmad Rizal dari Yayasan Palung (YP) dan Rahn Siti Aqila A. dari RK-TAJAM. Sedangkan sebagai moderator  adalah Muhammad Syainullah dari WBOCS 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Rizal dari Yayasan Palung mengatakan, “Penelitian secara berkelanjutan merupakan salah satu upaya kita untuk melestarikan orangutan dan habitatnya,  dengan seperti itu kita akan selalu tau bagaimana kondisi keduanya saat ini dan kemungkinan kedepan, untuk mendukung penelitian terus berjalan baik tidak akan lepas dari kemauan generasi muda untuk terus belajar, ingin tau dan menjadi bagian di dalamnya.”

Hadirnya webinar dari YP merupakan “Moment yang saya rasa sangat tepat ya bertepatan dengan hari PPO, menghadirkan webinar dan mengajak generasi muda untuk lebih tau, dan ayo berpartisipasi untuk menghormati alam demi masa depan keanekaragaman hayati yang kita punya demi masa depan bersama, semoga acara seperti ini terus bisa dikembangkan sebaik mungkin,” kata Ahmad Rizal.

Di Kayong Utara, pada tanggal 13 hingga 14 November 2021, REBONK dan WBOCS Kayong Utara melakukan kegiatan dalam rangka memeriahkan Pekan Peduli Orangutan yang di selenggarakan di setiap tahunya pada bulan November. Dalam memeriahkan Pekan Peduli Orangutan REBONK dan WBOCS mengundang Sispala TAPAL SMK Negeri 1 Simpang Hilir untuk berpartisipasi dalam memeriahkan Pekan Peduli Orangutan. Kegiatan lainnya adalah NOBAR ( Nonton Bareng) sekaligus juga bedah film yaitu film Kinipan, Nusantara dan Lahan Sejuta Harapan. Pemutaran film dilakuka di Kantor Yayasan Palung Bentangor.

https://www.instagram.com/p/CWUrZu6vt1J

Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu Nonton Bareng yang dilaksanakan di Kantor Yayasan Palung, BENTANGOR dan Penanaman bibit pohon sebanyak 20 bibit (bibit jengkol dan buah-buahan) di Bukit Mendale, Desa Sejahtera, kecamatan Sukadana.

Selain itu, kegiatan Pekan Peduli Orangutan juga dilakukan oleh Bentangor Kids pada Selasa (9/11/2021). Kegiatan ini dilakukan oleh Tim PL Kayong Utara bersama REBONK. Kegiatan ini diikuti oleh 43 anak-anak yang berdomisili di sekitar kantor Yayasan Palung Bentangor. Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah perkenalan dan pembukaan kegiatan oleh Demi dan Siska, Penjelasan tentang Pekan Peduli Orangutan oleh Simon, Penyampaian materi pengenalan orangutan oleh Riduwan, Belajar lagu si pongo oleh Simon, Pemutaran video tentang orangutan oleh Simon, Kuis seputar materi orangutan dan video didampingi oleh Demi dan Siska, kegiatan terakhir aadalah makan bersama dan foto bersama. Anak-anak sangat bersemangat mengikuti kegiatan dan berebut untuk mendapatan hadiah ketika sesi kuis.

Sedangkan di Pontianak, puncak Pekan Peduli Orangutan 2021 dilaksanakan dengan dua agenda sekaligus berupa Penanaman 300 bibit pohon di Hutan Gambut Desa Peniti Dalam 1, Dusun Abo Pinang, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah. Kegiatan ini juga dihadiri oleh UPT KPH Wilayah Mempawah, Poktani Hutan Usaha Parit Tinggal Latong, Dan Sekretaris Desa Peniti Dalam 1.

https://www.instagram.com/p/CWST7SFvH8K

Selanjutnya juga melakukan siaran di Radio Kharisma Pontianak dengan tema “Konservasi Sumber Daya Alam (SDA) dan Orangutan Dari Sudut Pandang Hukum dan Giat Lingkungan”, sebagai narasumber adalah M. Syainullah (WBOCS 2020) dan Gusti Irawan (WBOCS 2019) di Radio Kharisma 91,6 MHz di Pontianak.

https://www.instagram.com/p/CWVcPbGjk4P

WBOCS juga melaukan lecture edukasi Hutan dan Orangutan di Sekolah Mts Raudlatussa’adah, Siantan Hulu, Pontianak.

https://www.instagram.com/p/CWOWPBxvpsD

Semua rangkaian kegiatan  Pekan Peduli Orangutan 2021 yang dilakukan oleh Yayasan Palung bersama para relawan, komunitas dan pihak sekolah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

 (Petrus Kanisius/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini