Kelompok Budidaya Ikan Membuat Pakan Ikan Alternatif

65
Membuat pakan ikan altenatif sebagai solusi kurangi biaya pembelian. Foto : Istimewa/YP

MONGA.ID-KAYONG UTARA, Membuat pakan ikan alternatif merupakan salah satu cara untuk mengurangi biaya pembelian.

Seperti misalnya yang dilakukan oleh Kelompok Budidaya Ikan Mina Segua pada Selasa (26/4/2022) kemarin, di lokasi BB 06, Dusun Segua, Desa Pampang Harapan, Kabupaten Kayong Utara.

Ranti Naruri, selaku Manager Program Sustainable Livelihood (SL) Yayasan Palung, mengatakan Kelompok Mina Segua membuat pakan ikan alternatif dengan menggunakan bahan-bahan seperti ikan busuk atau sisa-sisa ikan yang tidak terpakai, ampas tahu, tepung tapioka dan dedak.

Selanjutnya, bahan-bahan itu mereka masukan kedalam mesin cetak pakan ikan yang mereka (kelompok) peroleh dari bantuan dari  Pemerintah Desa Pampang Harapan.

Menariknya lagi, kelompok ini mengajak kelompok lainnya juga untuk membuat pupuk. Pada kesempatan tersebut, kelompok Mina Segua di Pampang mengajak kelompok lainnya untuk bersama-sama ambil bagian membuat pakan ikan, kelompok yang mereka ajak untuk bersama-sama membuat pakan ikan alternatif ini adalah Mina Sehati dari Desa Tanjung Gunung.

Lebih lanjut, Ranti, sapaan akrabnya, mengatakan, Kelompok Mina Segua dan Mina Sehati merupaan kelompok binaan Yayasan Palung melalui Program Sustainable Livelihood (SL).

Cara yang mereka lakukan ini merupakan salah satu solusi untuk alternatif mengurangi biaya pembelian pakan ikan, kata Ranti.

Dalam kesempatan itu, setidaknya ada 12 orang yang ikut ambil bagian dala kegiatan pembuatan pakan ikan itu. Pakan ikan alternatif yang sudah mereka buat selanjutnya mereka bagi-bagikan kepada sesama kelompok.  Semua rangkaian kegiatan berjalan sesuai rencana.

(Petrus Kanisius /MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini