Peneliti dari Luar Negeri Sampaikan Kuliah Umum di UNAS tentang Penelitian Struktur Hutan

711
Saat Gene Rafael Estrada mempresentasikan hasil penelitiannya pada kuliah umum di UNAS. (Foto dok. Istimewa/ YP/MONGA.ID)
Saat Gene Rafael Estrada mempresentasikan hasil penelitiannya pada kuliah umum di UNAS. (Foto dok. Istimewa/ YP/MONGA.ID)

Tidak kurang satu jam setengah Gene Rafael Estrada dari University of Michigan, USA berkesempatan menjadi pembicara dalam kuliah umum, tentang penelitiannya kepada Mahasiswa/i Prodi Magister Biologi Pascasarjana Universitas Nasional (UNAS) melalui Zoom meeting pada Sabtu pagi (25/3).

Kegiatan kuliah umum ini diselenggarakan oleh Prodi Magister Biologi Pascasarjana Universitas Nasional (UNAS). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Fitriah Basalamah, M.si. selaku Ketua Program Magister Biologi UNAS.

Pada kesempatan tersebut, Gene sapaan akrabnya menyampaikan materi tentang “Measuring Forest Structure as a Predictor of Primate Ground Use” yang merupakan hasil penelitian yang ia lakukan di Stasiun Riset Cabang Panti, Taman Nasional Gunung Palung.

Foto saat kuliah umum  sedang dilaksanakan via Zoom yang diselenggarakan oleh  Prodi Magister Biologi Pascasarjana UNAS. (Foto : Dr. Fitriah Basalamah/UNAS).

Saat menyampaikan materi presentasinya kepada 30 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, Gene bercerita banyak terkait penelitiannya tentang struktur hutan yang berfocus ke habitat dan primata.

Pada kesempatan itu pula, Gene mempresentasikan tentang bagaimana ia menggunakan alat yang ia gunakan untuk memetakan struktur hutan dengan menggunakan alat yaitu LiDAR.

Hasil scan 3D LiDAR. Capture dari materi presentasi Gene. (Foto dok. Yayasan Palung).

Selain itu juga, Gene menggunakan hasil data lainnya sebagai pendukung dalam melakukan analisis datanya seperti Kamera jebakan, cuaca (suhu dan curah hujan), dan fenologi pohon yang diambil dari tahun 2015 – 2020 oleh proyek penelitian Dr. Andrew J. Marshall.

Penelitian Gene di lapangan, dilakukan selama 1 bulan untuk melakukan pemindaian LIDAR dan memperoleh data metrik struktur hutan.

Dalam penyampaian materi presentasinya, Gene menceritakan, beberapa primata seperti orangutan dan monyet ekor panjang berhasil terekam kamera trap.

Selain itu juga, Gene menceritakan tentang 7 habitat hutan yang ada di Taman Nasional Gunung Palung, yaitu; hutan mangrove, hutan rawa, hutan aluvial, dataran rendah tropis, hutan dataran tinggi tropis, dan hutan sub-alpine.

Sebagai moderator dalam kuliah umum tersebut adalah Dr. Suci Utami Atmoko yang merupakan Dosen Biologi UNAS.

Seperti diketahui, penelitian yang Gene lakukan ini sebagai salah satu syaratnya untuk meraih gelar doktor.

Dalam kesempatan tersebut, diikuti pula oleh Wahyu Susanto, selaku Direktur Penelitian Yayasan Palung.

Penyerahan sertifikat dari UNAS kepada Gene sebagai pemateri. (Foto dok. Dr. Fitriah Basalamah / UNAS).

Serangkaian kegiatan tersebut berjalan dengan lancer dan sesuai dengan rencana, diakhir kegiatan tersebut, Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. selaku Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian UNAS.

(Pit-YP/MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini