Yayasan Palung Bersama Para Pihak Lakukan Aksi Nyata Tanam 500 Bibit Pohon

267
Edi Rahman selaku Field Direktur Yayasan Palung saat melakukan penanaman pohon. (Foto dok. Yayasan Palung).
Edi Rahman selaku Field Direktur Yayasan Palung saat melakukan penanaman pohon. (Foto dok. Yayasan Palung).

KETAPANG-MONGA.ID, Pada bulan Juni 2023 ini, ada dua moment penting spesial even yang dilakukan oleh Yayasan Palung (YP), even tersebut adalah hari lingkungan yaitu Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 05 Juni dan Hari Hutan Hujan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 Juni.  Kedua moment penting ini diperingati secara bersamaan dengan melakukan penanaman pohon di sepanjang Jalan Celincing Desa Suka Baru Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang, pada Minggu (18/6/2023).

Kegiatan aksi penanaman ini langsung dikoordinir oleh Program Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung Bersama Pokdarwis Celincing Bersatu.

Para peserta yang mengikuti kegiatan penanaman pohon dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia dan hari hutan hujan sedunia. (Foto : Istimewa/Yayasan Palung).

Kegitatan ini dilakukan dalam rangka mendukung kegiatan penanaman pohon, Yayasan Palung bekerjasama dengan Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) dan Relawan Bentangor Untuk Konservasi (REBONK) bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Palung (BTNGP), Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Ketapang, KODIM 1203 Ketapang, Polsek Benua Kayong, LANAL Ketapang, IKAHUT UNTAN Ketapang, POKDARWIS Celincing Bersatu, instansi pemerintah lainnya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),  Organisasi Masyarakat (Ormas), Mahasiswa WBOCS serta pelajar dari beberapa sekolah di Kabupaten Ketapang.

Edi Rahman, selaku field Direktur Yayasan Palung, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan aksi penanaman ini dalam rangka memperingati kedua moment tersebut merupakan salah satu dukungan kita semua terhadap rehabilitasi lahan, dukungan terhadap Surat Edaran Bupati Kabupaten Ketapang Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Aksi Kebelanjutan Penanaman Sejuta Pohon serta dukungan terhadap Desa Suka Baru yang ditetapkan sebagai desa wisata mangrove yang ada di Kabupaten Ketapang. Dalam kegiatan ini, Yayasan Palung mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan aksi penanaman sehingga kegiatan ini bisa terlaksana sesuai dengan rencana. Selain itu moment kebersamaan dalam kegiatan seperti ini tidak hanya terhenti disini saja namun terus berlanjut di moment lainnya.

Dalam kegiatan aksi menanam pohon ini terdapat 64 lembaga (instansi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi masyarakat, Universitas dan Sekolah) yang diundang dengan jumlah peserta yang hadir pada kesempatan tersebut adalah 175 orang. Dalam kegiatan ini terdapat sebanyak 500 bibit yang ditanam dengan jenis Mahoni dan Pinang. Penanaman secara simbolis dilakukan oleh Direktur Lapangan Yayasan Palung, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung (BTNGP), Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Ketapang, KODIM 1203 Ketapang, LANAL Ketapang, Kepala Kepolisian Sektor Kecamatan Benua Kayong, Ketua IKAHUT, Ketua Pokdarwis “Celincing Bersatu” Desa Suka Baru. Penanaman pohon selanjutnya dilakukan para peserta yang diundang. Dalam kegiatan ini juga Yayasan Palung menghimbau dan mengajak semua peserta yang hadir untuk membawa minuman dari rumah masing-masing dengan menggunakan botol yang tidak terbuat dari plastik. Ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik. Setelah kegiatan penanaman pohon dilakukan selanjutnya kegiatan ramah tamah di lokasi objek wisata mangrove Pantai Celincing sambil menikmati keindahan dan kesejukan hutan mangrove.

(MONGA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini